Awas Onderdil Palsu Marak Di Jual Di Pasaran Sekarang Ini

Seperti apa sih spare part motor / mobil palsu itu? Harap bedakan dengan komponen yang punya label merek berbeda dengan orisinal.Sebut saja merek-merek yang dijual di toko onderdil seperti 555, GMB dan lainnya. Soalnya, komponen ini bisa disebut sebagai komponen aftermarket, pilihan alternatif dari spare part asli.


Menurut Farid M, bos bengkel Oto Design di Pejaten, Jaksel, onderdil palsu yang biasanya beredar merupakan komponen fast moving. Maksudnya komponen yang paling cepat masa pakainya. "Misalnya kampas rem, saringan-saringan dan busi," kata pria yang pernah berkarir di salah satu jaringan bengkel resmi Toyota ini.

Mau tahu efeknya pada komponen lain? Misalnya pada busi, mungkin pembakaran tetap bisa terjadi. Tetapi kualitas rendah busi aspal lebih pada materialnya."Pernah keramiknya copot," serunya. Padahal keramik itu ada di elektroda di dalam busi. Kalau sampai pecah, jatuh ke ruang bakar, bisa berabe tuh!

Saringan oli pun rentan bocor karena kualitas sil berbeda.

Bukan tak mungkin juga mampat. Efeknya oli tidak lancar bersirkulasi, pelumasan jadi berkurang. Bayangkan efeknya ke mesin, bisa lebih cepat jebol kan?Begitu juga kampas rem. Peranti yang satu ini malah berhubungan dengan nyawa. "Daya cengkeramannya bisa berbeda dengan yang asli," imbuhnya. Bisa-bisa nyelonong pas direm,Sayangnya, spare part palsu ini bisa sangat mirip dengan aslinya. Salah satu trik yang bisa diaplikasi, tentu dengan belanja pada toko onderdil atau bengkel kepercayaan.Lantas diskusikan jika kedapatan komponen yang disinyalir palsu. Dengan saling percaya, pasti bisa meminimalisasi kemungkinan dapat onderdil palsu, setuju?

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar