Tips Membuka Usaha Cuci Motor



Peluang Usaha Murah - Seiring dgn bertambanya sepeda motor, menimbulkan peluang usaha yg melayani kebutuhan sepeda motor salah satunya adalah usaha cuci mobil,

Usaha ini tergolong mudah dan hanya membutuhkan modal relatif sedikit. Apalagi jika kita memiliki rumah dgn halaman luas dan bertempat strategis.

Apa Pengetahuan dan Keterampilan yg dibutuhkan ?

· Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya

· Pengetahuan umum tentang sepeda motor. Terutama bagian mesin yg tidak boleh terkena air

· Pembukuan sederhana. Untuk mencatat modal awal, operasional bulanan dan pendapatan

Apa saja yg dibutuhkan untuk memulai usaha Cuci Motor ?

· Tempat dgn luas minimal 3 x 4 m untuk kapasitas 2-3 motor berjajar

· Alat operasional : Pompa Air, Kompresor, sabun/sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), pengilap cat motor, semir ban dan kuas untuk mengoles semir ban

· Tenaga kerja. Minimal 2-3 orang. Salah satu sebagai koordinator untuk melayani pembayaran dari konsumen dan pencatatan di buku administrasi.

Kunci Sukses Yg Harus Diperhatikan.

· Lokasi usaha harus strategis dan nyaman bagi konsumen untuk menunggu. Jangan takut dgn kompetitor, cobalah berpikir dari sudut pandang konsumen..tempat Cuci Motor seperti apa sih yg paling ideal ? tentu harus mudah ditemukan, tempatnya bersih, tempat menunggunya (kursi, meja) nyaman, mungkin bisa disediakan tv, dsb.

· Cari dan latih tenaga kerja agar tetap semangat dan rajin bekerja. Jaga tingkah laku para pekerja agar tetap sopan dan berhati-hati dalam mencuci motor agar tidak timbul komplain motor jadi baret atau ada bagian yg rusak.

· Terapkan sistem gaji pokok dan incentive bagi pekerja. Hitung incentive berdasarkan jumlah motor yg mereka kerjakan agar para pekerja terus semangat dalam mencuci motor.

· Perhatikan jam kerja dan waktu istirahat makan para pekerja. Untuk menghindari sakit yg umum terjadi yaitu masuk angin…simpel sih, tapi kalau salah satu saja pekerja ada yg sakit pasti operasional usaha jadi kacau balau.

· Pelayanan

Sumber: modalnekat.wordpress.com

Temukan Info Lain Seputar Peluang Usaha Murah

0 komentar:

Posting Komentar