Warga Buta Huruf Selalu Jadi Penipuan STNK Motor

Anda tentu merasa terbantu jika penjual sepeda motor mengurus semua administrasi jual-beli. Namun waspadalah jika anda tidak menggunakan biro jasa stnk ,anda akan mudah sekali tertipu ! tak semua penjual berniat menolong Anda. Bagi komplotan pemalsu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu, ini adalah cara mudah menipu.

Kawanan pencuri, penadah, dan pembuat STNK palsu di Jember, Jawa Timur, misalnya. Mereka tak saling kenal satu dengan lainnya. Tetapi ada konektivitas yang menyatukan, yaitu pencuri yang mendapatkan sepeda motor bodong menjualnya pada penadah. Agar cepat terjual, penadah menggunakan jasa pembuat STNK palsu untuk membuat surat yang instan.

Berbekal alat sederhana seperti pensil, silet, dan spidol, pelaku dapat mengubah tahun pembuatan STNK. Nomor kendaraan yang ditawarkan bisa berasal dari berbagai daerah di luar Jatim. Dengan demikian sepeda motor bisa cepat dijual.

Ciri-ciri STNK palsu adalah cepat luntur. Jika terkena hujan, STNK akan memudar sehingga tidak bisa dipergunakan lagi.

Ironisnya, korban komplotan sebagian besar berasal dari masyarakat desa yang buta huruf. Kebanyakan warga tinggal jauh dari kota dan berminat memiliki sepeda motor. Harga yang wajar dan pengurusan BPKB sepeda motor secara singkat memang menggiurkan korban. Namun begitu tahu ditipu, mereka harus kehilangan uang hingga jutaan rupiah. "Saya kasih uang 5,8 juta," ujar salah seorang korban pasrah. Agar peristiwa tersebut tidak menimpa Anda, ada baiknya mengikuti kiat berikut. Upayakan untuk mengamankan sepeda motor di kawasan yang dijaga tukang parkir. Selanjutnya gunakan kunci roda sebagai pengaman tambahan.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar