Jelang Lebaran, Harga Rental Mobil di Pekanbaru Meroket


Pekanbaru - Menjelang Lebaran, pemilik rental mobil mulai menuai rezeki. Ini karena harga rental mobil yang dipergunakan untuk mudik naik dratis. Hitungannya sewanya tidak lagi per hari, namun dalam hitungan paket 10 hari.

Jika hari biasa, untuk rental mobil sejenis Toyota Avanza maka harganya rata-rata maksimal hanya Rp 250 ribu per hari. Sedangkan untuk mobil sejenis Toyota Innova harganya Rp 350 ribu per hari. Harga itu tidak termasuk hitungan sopir. Bila di hari biasa rental mobil dihitung dalam per hari, namun saat Lebaran yang berlaku sistem paket.

"Kalau hari biasa ya hitungan kita memang per hari. Tapi saat lebaran kita hanya memberikan sistem paket. Paket itu kita hitung pemakaian mobil selama 10 hari," kata Edison pemilik rental mobil di Jl Arifin Achmad Pekanbaru, dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (21/08/2010).

Dia menjelaskan, untuk harga paket selama mudik, jenis Toyota Avanza hitungannya menjadi Rp 4 juta. Sedangkan untuk jenis Toyota Innova yang direntalkan dalam paket lebaran ini harganya Rp 5 juta. Harga itu akan bertambah jika pemakai melebihi waktu 10 hari.

"Harga yang kita tawarkan itu sudah harga yang lumrah selama paket mudik. Karena hampir semua pengusaha rental mobil juga memberlakukan harga yang sama. Sekalipun lebaran masih lama lagi, tapi yang namanya kontrak untuk paket Lebaran di tempat saya ini sudah ludes," kata Edison.

Sekalipun harga paket Lebaran ini tergolong mahal, namun tetap saja bisnis rental mobil ini tetap diminati masyarakat. Bagi mereka yang berkantong tebal dan berminat mudik lebih nyaman, harga paket tersebut tidak menjadi masalah.

"Kita kan sesekali saja pakai rental mobil ini. Jadi harga saya kira relatiflah. Rental mobil ini hanya untuk kenyamanan bersama keluarga saja, dibandingkan kita naik bus. Kalau kita ada 7 orang di keluarga, akan lebih mudah kalau kita rental mobil," ujar Surya Siregar (35) yang berencana akan mudik ke Sumut.

Masih menurut Surya, kelebihan lainnya dengan rental mobil ini, setelah sampai di kampung halaman bisa dipergunakan untuk mengunjungi sanak famili. Sehingga tidak ada masalah transportasi. "Kita bisa jalan-jalan bersama keluarga. Dan saat kembali ke Pekanbaru kita juga tidak mesti sibuk dengan desak-desakan di terminal bus, lebih nyaman kita rental mobil saja," kata Surya.

ramadan.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar