Promosi Tepat Untuk Makanan

Promosi murah dalam menjual makanan banyak caranya bahkan anda bisa berpromosi gratis pada hal dan sikon tertentu, karena promosi adalah langkah utama dalam memperkenalkan dan mencari pelanggan anda, berikut ada beberapa tips untuk anda:

1. Mulut ke mulut atau testimonial
Cara ini merupakan cara tradisional yang masih terbilang efektif hingga sekarang. Cara yang paling mudah adalah dengan mengundang atau datang ke grup arisan ibu-ibu dan berikan contoh produk buatan anda. Berikan kemasan dan rasa terbaik dari contoh makanan tersebut, tapi tetaplah jaga kualitas produk anda. Jangan sampai contoh yang diberikan lebih baik dari produk yang dijual di toko.

2. Promosi melalui jejaring sosial
Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan facebook, twitter, wordpress, youtube dan lain-lain. Anda bisa menggunakan cara ini, karena gratis dan mudah untuk dioperasikan. Anda bisa mengupload gambar-gambar makanan di restoran anda dan jangan lupa berikan alamat dan nomor kontak rumah makan tersebut. Rajin-rajinlah untuk memberikan berita terbaru tentang restoran anda melalui media ini.

3. Loyalty programs
Pada artikel sebelumnya, saya telah menulis artikel tentang loyalty program ini. Pada intinya anda memberikan point-point pada setiap pembeli. Jika pembeli sudah mencapai suatu point tertentu, anda bisa memberikan voucher atau diskon khusus kepada pembeli anda.

4. Up-selling
Up-selling adalah suatu cara mempromosikan suatu produk saat pembeli sedang berinteraksi dengan penjual. Misalnya dengan memberitahukan manfaat dari produk tertentu atau menu baru dengan diskon tertentu. Tapi perlu kehati-hatian saat melakukan up-selling, jangan sampai pembeli merasa dipaksa untuk membeli suatu produk.

5. Mengadakan suatu acara
Acara seperti lomba memasak, kursus memasak secara gratis, acara ulang tahun atau acara anak lainnya. Acara seperti ini bisa menarik pelanggan untuk datang ke rumah makan anda. Saat acara berlangsung jangan lupa memberikan contoh-contoh makanan atau promosi-promosi kepada pelanggan anda.

6. Email dan mobile marketing
Mintalah alamat email atau nomor handphone pembeli jika ada, dengan ini anda bisa memberikan update-update terbaru tentang restoran anda setiap saat kepada pembeli. Tapi jangan lupa untuk menanyakan kepada pembeli apakah mereka bersedia untuk dihubungi melalui email atau sms jika terdapat promosi di rumah makan anda. Karena ada juga pembeli yang sering merasa terganggu untuk menerima promosi-promosi seperti ini. Ditakutkan pembeli justru akan lari jika kita memaksakan cara ini kepada mereka.

7. Blog dan video
Buatlah blog tentang rumah makan anda melalui blog gratis seperti wordpress atau blogger. Dengan ini rumah makan anda bisa diketahui oleh masyarakat lebih luas. Jika mungkin buatlah video tentang rumah makan anda dan upload di jejaring sosial seperti facebook dan youtube. Sehingga pembeli merasa tertarik untuk datang ke bisnis anda.

8. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
Stiker kecil tentang restoran kita bisa dibuat dan ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat dimana banyak orang menunggu dan antri seperti toilet, halte dan angkutan kota. Atau anda juga bisa memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang bertuliskan nama dan foto makanan yang disediakan di restoran anda.

Demikian tipsnya dalam mempromosikan makanan semoga menampah pengetahuan dan inspirasi anda, temukan info menarik tentang Promosi Bisnis



Temukan artikel terkait:  Tips Supaya Kredit Usaha di Setujui Bank

0 komentar:

Poskan Komentar