Nutrisi Tepat Ketika Berpuasa

Asupan nutrisi yang seimbang saat melakukan puasa perlu anda penuhi karena saat berpuasa anda akan kekurangan cairan banyak otomatis perlu vitamin dan mineral yang cukup saat anda makan sahur dan berbuka puasa berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan:

Kaya akan vitamin dan mineral.
    Buah dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan Anda, mulai dari vitamin A ( betakaroten ), C, magnesium, zinc, fosfor hingga asam folat.

Serat melimpah.
    Buah dan sayuran rendah lemak, memiliki kandungan minim garam, sedikit gula, dan sumber yang bagus untuk memperoleh serat alami. Konsumsi sayuran dan buah dalam jumlah banyak juga akan membantu Anda mengurangi masalah obesitas, menurunkan kolesterol, memelihara kestabilan tekanan darah dan melindungi Anda dari ancaman kanker.

Pilih Karbohidrat Kompleks
Masukkan juga kedalam menu puasa Anda makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Ingat Protein
Ingat juga untuk memasukkan makanan yang mengandung protein kedalam menu puasa Anda.
Protein layak dikedepankan dalam menu sahur karena termasuk jenis makanan yang dicerna dan diserap tubuh secara perlahan dan konstan.
Ketika Anda mengkonsumsi protein , tubuh memecahnya menjadi asam amino. Asam amino ini diperlukan untuk pembentukan otot dan darah.
Protein juga membantu tubuh Anda memelihara kesehatan otot, kulit, rambut, kuku dan membangun jaringan tulang rawan.
Karena tubuh tidak bisa menyimpan protein , maka Anda harus mengusahakan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Air Putih
Jangan lupakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan.
Supaya kita terhindar dari dehidrasi saat menjalankan puasa, cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Fungsinya adalah untuk menjaga agar energi Anda awet dan berkesinambungan.
Air diperlukan tubuh untuk proses pencernaan, penyerapan dan transportasi nutrisi untuk energi. Dehidrasi bisa mengurangi energi yang diproduksi oleh tubuh Anda.
Minum 500 mililiter air putih saat sahur akan sangat membantu Anda melewati durasi puasa. Jika bisa lebih banyak hasilnya akan lebih bagus lagi.

Hindari Minuman dan Makanan Manis
Hal yang sebaiknya dihindari adalah makanan dan minuman yang manis.
Hidangan manis akan membuat tubuh Anda segera melepaskan insulin, yang akan membuat Anda merasa cepat lapar. Hal ini disebabkan karena insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh dan kemudian digunakan sebagai sumber energi.
Karena proses cernanya yang cepat , makanan dan minuman yang manis akan memberikan energi lebih cepat , tapi juga akan cepat habis. Dgn kata lain makanan dan minuman ini akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis.
Inilah yang kemudian akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai penyuplai energi sehingga Anda cepat merasa lemas dan mengantuk.

Demikian beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mencukupi nutrisi seimbang pada saat puasa, temukan info menarik tentang Makanan Nutrisi



Temukan artikel terkait:  Tips Membentuk Otot Dengan 3 Nutrisi Penting

0 komentar:

Poskan Komentar