Informasi Pariwisata Indonesia Masih Kurang Optimal



Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Yanti B Sukamdani, mengatakan sektor pariwisata di Indonesia belum dikelola secara optimal sehingga kunjungan wisatawan ke Indonesia juga belum optimal.

"Berdasarkan data Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2008 hanya sekitar 6,4 juta jiwa sedangkan ke Malaysia sekitar 22,5 juta jiwa," kata Yanti pada peluncuran trilogi buku "Jendela Pariwisata Angelina Sondakh" di Jakarta, Kamis (1/7/2010).

Yanti menjelaskan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Malaysia meningkat tajam dibandingkan ke Indonesia, padahal pada sekitar 15 tahun lalu kunjungan wisatawan mancanegara ke Malaysia jauh lebih rendah daripada kunjungan ke Indonesia.

Dari sisi jumlah, keanekaragaman, dan daya tarik obyek wisata, menurut dia, obyek wisata di Indonesia lebih lengkap dan menarik daripada Malaysia.

Menurut Yanti, sektor pariwisata di Indonesia tertinggal daripada Malaysia karena pengelolaannya belum dilakukan secara optimal serta kebijakan antar-daerah di sektor ini juga seluruhnya sinkron. "Sektor pariwisata akan berkembang optimal jika daya dukungnya seperti infrasuktur dan promosi juga dilakukan secara optimal," katanya.

Pengurus Kadin Indonesia ini juga mencontohkan, banyak obyek wisata di Indonesia yang memiliki daya tarik tinggi tapi daya dukung infrastrukturnya masih buruk, seperti akses jalan raya ke lokasi obyek wisata ke daerah tersebut masih buruk, belum adanya hotel dan restoran yang layak, dan sebagainya. "Kelemahan lainnya, promosi dan informasi pariwisata Indonesia juga belum optimal dan kalah gencar dibandingkan dengan Malaysia," katanya.

Menurut dia, wisatawan asing juga masih banyak yang sulit mengakses informasi obyek wisata di Indonesia.

Yanti berharap, trilogi buku pariwisata yang ditulis anggota Komisi X DPR, Angelina Sondakh, ini bisa menjadi salah satu panduan bagi wisatawan maupun pihak-pihak yang terkait dengan sektor pariwisata.

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

0 komentar:

Posting Komentar