Seni Kerajinan Kulit Bantul

Bagi sebagian besar masyarakat Yogyakarta tentu sudah tidak terlalu asing dengan nama Manding. Dusun tempat Pengrajin aneka Kerajinan Kulit ini terletak di Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Telah bertahun-tahun masyarakat di Manding menekuni usaha kerajinan kulit ini. Aneka Produk kerajinan berbahan dasar kulit hewan terutama kambing dihasilkan oleh tangan-tangan terampil dari Manding. Kerajinan kulit Manding tidak semata-mata menggunakan bahan kulit sebagai bahan kerajinan tetapi juga memadukan kulit dengan bahan baku lain seperti serat alam pandan, mendong, enceng gondok, agel dan lidi.

Aneka Handicraft dengan bahan dasar kulit manding sebenarnya sudah cukup dikenal dan diminati oleh banyak orang. Karena kebanyakan pengrajin kerajinan kulit manding adalah Usaha Kecil Menengah(UKM), kesulitan yang biasa dihadapi adalah masalah permodalan. Satu contoh bila ada order pembuatan kerajinan dalam jumlah besar, tetapi tidak disertakan uang muka dari pemesan, pengrajin akan kesulitan untuk memenuhi pesanan tersebut. Karena faktor modal, padahal dari kemampuan produksi cukup memadai. Hal inilah yang banyak dikeluhkan oleh pengrajin. Selain itu sebagai daerah sentra kerajinan kulit,manding membutuhkan simbol atau tanda semacam gapura di pintu masuk kawasan manding, agar orang awam yang baru pertama kali masuk desa Manding mengenali sentra kerajinan kulit tersebut. Inilah yang menjadi harapan para pengrajin kulit agar usaha kerajinan kulit semakin maju.

Aneka Kerajinan Berbahan dasar kulit yang bisa didapatkan dari Manding antara Lain, Tas kulit, kipas, souvenir pernikahan, dompet kulit, kap lampu, sepatu , gantungan kunci dan lain sebagainya

Sumber - galeriukm.web.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

0 komentar:

Poskan Komentar