Syarat Mengajukan Kredit Bank



kredit usaha adalah kredit yang digunakan untuk membiayai perputaran usaha atau bisnis sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang produktif, seperti usaha perdagangan, usaha industri rumah tangga, usaha jasa konsultasi, dan lain­lain. Bila anda memiliki usaha yang prospeknya kelihatan cukup cerah, anda bisa datang kepada bank dan mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan pinjaman dana untuk usaha anda.
Sedangkan kredit konsumsi adalah kredit yang digunakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif, seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi. Dua kredit konsumsi yang biasanya cukup laris adalah kredit pemilikan rumah (kpr) dan kredit kendaraan. Tentunya, karena uang itu oleh nasabah akan digunakan untuk tujuan konsumtif, maka risiko bagi bank bahwa nasabahnya tidak mampu membayar pinjamannya akan menjadi lebih besar sehingga pada umumnya suku bunga yang dibebankan kepada nasabah untuk kredit konsumsi akan lebih besar ketimbang bunga kredit untuk tujuan usaha kredit usaha bri.

Selain dua jenis kredit usaha tadi, ada pula kredit serba guna. Seperti tertulis di namanya, kredit serba guna adalah kredit usaha rakyat yang bisa digunakan untuk tujuan apa saja, bisa untuk konsumsi maupun untuk usaha. Nah, salah satu produk kredit serba guna yang sering dipasarkan adalah kredit tanpa agunan. Agunan adalah nama lain dari jaminan. Lo, bukankah meminjam uang dari bank biasanya harus pakai jaminan?


Betul. Pada umumnya, bila anda ingin mendapatkan
kredit usaha rakyat, anda harus menjaminkan salah satu harta yang anda miliki kepada bank sehingga apabila anda tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut, bank akan menyita harta yang anda jaminkan tersebut. Tentunya nilai barang jaminan itu harus lebih besar atau minimal harus sama dengan nilai uang yang anda pinjam. Tapi pada produk kredit tanpa agunan dari kredit usaha bri, anda tidak harus menyerahkan barang jaminan kepada bank. Anda hanya disyaratkan untuk memiliki jumlah penghasilan tertentu setiap bulannya dan menyerahkan sejumlah bukti yang bisa menunjukkan bahwa anda memang betul berpenghasilan sebesar jumlah yang disyaratkan



Http://www.perencanakeuangan.com

0 komentar:

Posting Komentar