Materi Perang-perangan ala Paintball



Paintball adalah Permainan perang-perangan (wargame), menggunakan senjata semi otomatis yang menggunakan bola cat (paintball) sebagai peluru. Permainan ini termasuk kategori beresiko tinggi (high impact outbound), namun permainan ini 100% safety apabila semua peraturannya betul-betul kita taati.

Materi briefing ini akan dijelaskan lagi menjelang permainan Paintball Fun, tapi nggak ada salahnya kalo dibaca-baca mulai sekarang.

1. Goggle (Pelindung Wajah)
Goggle mempunyai fungsi untuk melindungi wajah, terutama bagian MATA, karena dalam permainan hampir 50% itu mengenai wajah. Untuk keamanan Goggle dilarang dibuka dalam permainan. Bagi yang berkaca mata, kaca mata tidak perlu dilepas.

2. Senjata
Senjata yang dipergunakan adalah Senjata semi automatis (hanya sekali kokang) di mana kecepatan dan keakuratan tergantung dari jari telunjuk pemain.Misalnya, untuk pengaturan peluru, senjata ini juga sudah di atur kecepatannya untuk jarak efektif yaitu 15 s/d 20 meter.

Untuk para pemain jarak tembak 5 meter dilarang menembak, jadi harus di atas jarak 5 meter baru boleh menembak, jika bertemu lawan di jarak 5 meter para pemain tsb, harus mundur ke base masing-masing.

3. Durasi permainan
Lama permainan adalah 2 x 20 menit.
Babak I 20 menit diselingi istirahat & Babak II 20 menit.

Waktu 20 menit di bagi menjadi 2 Yaitu:
Masa Orientasi
10 menit pertama adalah : masa Orientasi / pengenalan lapangan, adalah di mana pemain yang tertembak di 10 menit pertama masih bisa bermain
masa Sudden Death
10 menit ke dua dmn pemain yang tertembak dinyatakan gugur dan harus keluar dari arena pertempuran.

4. Jenis Permainan

Terminator (saling menghabisi lawan)
Saling menghabisi lawan, dan di akhir permainan akan di hitung jumlah para pemain yang paling banyak jumlahnya team tsb dinyatakan menang dan sebaliknya akan dinyatakan kalah.

Perebutan bendera
Posisi bendera ada di Base masing-masing, Team harus saling merebut bendera & di bawa ke Base. Untuk Team yang lebih dahulu merebut bendera & menancapkan di basenya, team tsb dinyatakan menang.

5. Syarat Permainan
usia minimal 13 th
minimal 8 orang pemain ( 4 vs 4) & Max 30 orang pemain [STH]

Manfaat Paintball Fun

1. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan
2. Menyiapkan pemimpin dalam menyusun gagasan
3. Melatih membuat strategi untuk mencapai tujuan tim
4. Mengkomunikasikan strategi kepada tim
5. Menggerakkan seluruh anggota tim kepada tujuan bersama
6. Meningkatkan kemampuan membuat perencanaan
7. Menganalisa kondisi lingkungan atau medan kerja
8. Membangun kedisiplinan, keberanian dan teamwork

Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar