Pijat Refleksi Untuk Masalah Kewanitaan

Punya keluhan khas menjelang menstruasi? Memang sih terkadang keluhan seperti sakit perut, pusing, cepat lelah, lemas, merupakan keluhan khas wanita menjelang atau pada saat datang bulan. Mungkin Anda bosan terus minum obat pereda sakit pada saat datang bulan. Well.. Mengapa tak coba melakukan terapi pijat refleksi?

Pijat refleksi sebenarnya bisa dilakukan oleh siap saja, termasuk bagi wanita. Tujuan mereka selain rileksasi juga untuk menyembuhkan penyakit yang diidapnya. Masalah yang mereka hadapi biasanya berkaitan dengan berat badan, kolesterol dan masalah kewanitaan.

Tekan Saja Titik Refleksinya

Beberapa permasalahan kesehatan wanita memang bisa dibantu penyembuhannya melalui pijat refleksi. Mulai dari menstruasi yang kurang lancar atau sakit endometriosis, fibroid atau tumor yang ada di uterus yang menyebabkan sakit, pendarahan, keputihan, juga keluarnya darah yang berlebihan saat menstruasi.

Untuk kondisi seperti ini prosedur umum yang dianjurkan refleksolog yaitu memfokuskan pada pemijatan pada titik refleksi pada organ reproduksi wanita. Mulai dari rahim, vagina, hingga indung telur, selain itu titik refleksi saluran kencing, saluran pembuangan serta saluran saraf otak.

Sindrom pra-Menstruasi

Sindrom pra-menstruasi ditandai oleh sakit kepala, gugup, mudah tersinggung, depresi, dan kelelahan. Untuk mengatasinya, sebelum masa menstruasi tiba, lakukan pijat refleksi di titik refleksi yang sakit satu atau dua kali dlam sepekan (titik yang sakit ini dapat ditemukan di salah satu titik refleksi organ reproduksi). Selanjutnya diikuti dengan titik refleksi rahim dan ovarium. Titik refleksi rahim terletak dibagian belakang pergelangan kaki yang lembut di dekat mata kaki.

Depresi

Untuk mengatasi depresi yang perlu dilakukan pijat adalah kelenjar-kelenjar endokrin yang sangat peting untuk mengatur hormon, menjaga irama tubuh serta keseimbangan fungsi biokimia. Semua kelenjar ini memiliki dampak bagi emosi. Selain kelenjar endokrin, titik refleksi lain yang perlu dipijat adalah titik refleksi hati.

Menopause

Pada wanita yang mengalami menopause, akibat ketidak seimbangan hormon seks, bisa menimbulkan gejala seperti hot flushes, berkeringat, depresi dan vagina mengering. Dalam jangka panjang terjadi osteoporosis. Untuk kasus ini pemijatan pada tititk refleksi tulang belakang dan otak juga perlu dilakukan untuk menghasilkan rasa rileks. Guna mengatasi hot flushes, titik rileks tiroid perlu ditekan karena titik ini penting untuk mengontrol system metabolisme.

www.astaga.com

0 komentar:

Poskan Komentar