Penggunaan alat GPS

Setelah tahu serunya memiliki global positioning system (GPS), kini giliran Anda menimbang-nimbang: beli atau tidak satu unit pengintip posisi itu. Hal yang mesti Anda catat, meski saat ini sedang muncul tren menanamkan GPS di ponsel, Anda wajib memperhatikan manfaatnya ketimbang gengsinya.

Berikut ini hal-hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membungkus pulang peranti GPS Survey:

- Merek? Penjual atau GPS Supplies ogah memaksa Anda untuk membeli merek Garmin, Magellan, maupun Thales. Mereka akan bertanya terlebih dahulu tujuan membeli GPS.

- Jadi, apa tujuan Anda dalam membeli GPS? Jangan lupa, GPS memiliki peruntukannya masing-masing, yaitu, darat, laut, udara, dan tracking dan Survey Equipment Supplies.

- Harga? Jelas, ini penting. Kalau punya duit berlebih, Anda bisa membeli GPS apa pun yang Anda mau. Kalau tidak, cari yang sungguh pas peruntukannya bagi Anda. Untuk pemetaan atau Survey Equipment?

- Taruh kata, Anda membutuhkan GPS untuk pemetaan perjalanan darat. Anda harus menentukan, GPS itu akan Anda gunakan di mobil, sepeda motor, atau sepeda? Setiap GPS untuk setiap jenis kendaraan itu memiliki karakternya masing-masing.

- Untuk mobil, pilih yang memiliki layar lebar. Tujuannya sederhana: agar nyaman untuk dilihat. Tinggal meletakkannya di dashboard saja, dan siap menjadi pemandu Anda. Lihat Survey Supplies dan Equipment Survey.

- Kalau kaca mobil Anda berbahan dasar metal, sebaiknya Anda melengkapi peranti ini dengan antena luar. Soalnya, sinyal GPS tidak bisa menembus kaca film yang berbahan dasar logam.

- Untuk sepeda maupun sepeda motor, pilih yang anti-air. Tahu sendiri, musuh utama kendaraan roda dua tersebut hanyalah hujan. “Tinggal kencangkan pengunci baterai agar air tidak tembus ke dalam, dan pasangkan di kendaraan,” terang Peter.

- Pastikan ada peta Indonesia dalam GPS Anda.

- Setel GPS sebelum kendaraan berjalan. Akan berbahaya bila Anda melakukan keduanya pada saat yang bersamaan. Klik GPS Survey Equipment dan Survey Equipment Supplies.

- Lebih baik menyimpan GPS saat kendaraan parkir di tempat umum.

- Anda yang suka menjelajahi daerah baru, pilihlah GPS yang memiliki fitur track log.

- Sebelum membeli GPS, bandingkan harga dan bonus-bonus yang diberikan oleh penyedia GPS. Dengan harga sama, biasanya penjual memberikan bonus berupa memory card dengan kapasitas yang berbeda.

- Jangan lupa, memastikan berapa besar memori dapat diisi dengan peta baru. Catat, peta terus berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar.

- Kebutuhan peta kadang datang tak terduga. Peta Indonesia besarnya 40 MB. Untuk itu, sebaiknya mencari GPS yang memiliki slot untuk ekspansi memori (GPS Equipment).

- Untuk kebutuhan Survey Equipment, pastikan menggunakan GPS (GPS Survey Equipment) yang memang cocok untuk keperluan tersebut. Kebutuhan yang sangat membutuhkan akurasi tinggi ini tidak akan terpenuhi oleh ponsel ber-GPS.

- Cari yang kokoh. “Yang tahan banting, yang ada lapisan karetnya,” imbuh Aryo — panggilan gaul Tri Harianto.

- Ketika membeli GPS Equipment, sebaiknya pilih yang memiliki peta dasar Pasifik. Di sana tertera wilayah Indonesia. Sebaiknya Anda memperhatikan hal ini, lebih-lebih bila membeli GPS dari luar negeri.

- Cek masa garansinya. Biasanya penjual memberikan garansi hingga setahun.

- Bluetooth GPS? Kalau Anda mau menjajal-jajal dulu dengan PDA plus bluetooth GPS sebelum beli yang 100% GPS, tak masalah. Hasilnya cukup memuaskan. Kendati GPS PDA tak sesempurna GPS sungguhan.

- Terus mengikuti perkembangan peta. Dus, jangan ragu bergabung dengan teman-teman di komunitas NavNet untuk lebih mendalami GPS.

Setelah Anda mengetahui tip memilih dan cara penggunaan, silakan menjelajah.

kancutmerah.wordpress.com

Temukan informasi lainnya hanya di Survey Equipment - Equipment Survey - GPS Survey - GPS Supplies - GPS Equipment - Survey Supplies - GPS Survey Equipment - Survey Equipment Supplies - GPS hanya di 88db.com

0 komentar:

Posting Komentar