Kiat Menjadi Pengusaha Katering Box



Usaha katering merupakan usaha yang popular di bidang boga. Di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. Usaha Catering Box merupakan usaha yang cocok bagi anda yang suka memasak dan ingin mempunyai usaha sendiri

Ada macam-macam tingkatan dalam usaha ini. Tetapi biasanya dimulai dari usaha rumahan dulu. Usaha katering tingat rumahan adalah usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan seratus orang. Sebagai pemula yang mengerjakan usaha ini sendiri sebaiknya anda mulai melayani pesanan secara bertahap.

Usaha katering dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan tempatnya yaitu

* Katering rumah, meliputi rantangan atau Catering Box untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks utuk 20-100 porsi dan pesanan nasi tumpeng.
* Katering sekolah adalah katering makan pagi/siang untuk anak-anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak.
* Katering kantor, yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
* Katering acara-araca khusus/hajatan seperti pernikahan dan perayaan. umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

Modal yang diperlukan

* Peralatan memasak untuk memasak 100 porsi misalnya bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.
* Ruangan/dapur untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan, namun sebaiknya tata dapur anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-khusus untuk tempat perlengkapan memasak.
* Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur. Kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak.
* Keuangan. Sebagai pemula, biasanya anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang anda perlukan untuk berbelanja bahan-bahan makanan berkisar 60% dari harga makanan yang dipesan. Untuk pelanggan baru tidak ada salahnya anda meminta uang muka untuk meminimalkan modal.
* Pembayaran tempo. Sistem pembayaran ini diperlukan jika usaha anda makin berkembang dan anda mulai rutin menerima pesanan dalam jumlah banyak. Jika anda rutin memesan daging ayam atau sayuran pada tukang daging/sayur langganan, anda bisa membayarnya dengan tempo 1-2 minggu. Karena menyangkut kepercayaan usahakan tepat waktu dalam pembayaran meskipun katering anda belum dibayar oleh si pemesan.

Strategi promosi

* Tunjukkan perhatian dan penghargaan kepada teman/karyawan yang sudah membantu mempromosikan usaha anda sehingga anda mendapat order berikutnya. Tidak perlu mahal. Misalnya berikan seloyang puding macaroni panggang atau setoples kue. Dengan perhatian/bonus tersebut. Dia akan lebih senang membantu promosi anda

nisamufti.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar