Gen Tawon Dapat Mengendalikan Hama Pertanian



ADA
temuan menarik seputar gen tawon. Bagian binatang penghasil madu itu ternyata bisa membasmi hama. Awalnya, tim peneliti hanya ingin mengetahui gen dari tawon-tawon tersebut. Namun, ketika ditemukan tawon dengan beberapa jenis hama, ternyata gen tawon tersebut bisa berfungsi untuk mengontrol serangan hama (Pest Management).

Kontrol dari tawon-tawon itu sangat tepat sasaran. Terlebih lagi ketika sampai pada tingkat genetik tawon. Gen tawon tersebut bisa membuat senjata yang cukup ampuh melawan hama-hama perusak pertanian.
Setelah berhasil mengontrol hama, tawon-tawon itu tidak berhenti begitu saja. Mereka akan meletakkan telur di dalam hama yang sudah menjadi "zombie" itu.

Hal tersebut dilakukannya agar bisa (Pest Management) mengatur populasi hama berikutnya.
Ilmuwan Amerika Serikat yang menemukan fungsi gen itu telah memakai tawon untuk membantu mempertahankan tanaman seperti California zaitun. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan racun tawon sebagai obat medis baru. Para ilmuwan itu pun berharap bisa lebih mengarahkan tawon-tawon untuk mengatur kelompok mereka.

Dengan begitu, koloni tawon tersebut bisa lebih terkoordinasi. Hal itu mungkin terjadi ketika tawon-tawon mengalami modifikasi secara varian genetik.


jawapos.com

0 komentar:

Posting Komentar