Agar Masakan Tidak Mudah Basi



Makanan yang biasanya di masak untuk catering biasanya tidak cepat basi karena melalui proses memasak yang benar dan cara penyajian yang benar, bagaimana cara membuat makanan yang anda masak agar tidak mudah basi?, simak tips berikut ini:

    Sebelum memasak makanan, pastikan tangan bersih setiap kali hendak memegang makanan. Jika perlu gunakan handglove sehingga tangan tidak menyentuh langsung pada makanan. Salah satu bagian tubuh yang banyak mengandung bakteri adalah tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menyentuh bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah.
    Jagalah alat masak dan lingkungan memasak dengan baik sehingga bersih. Cucilah dengan baik pisau, telenan, cobek, dll dengan baik. Jika ingin lebih steril, dapat direndam dalam air panas sebelumnya. Jangan gunakan lap yang sudah kotor berkali-kali untuk mengelap makanan. Perhatikan busa pembersih piring, jika sudah terlalu lama dipakai maka akan tumbuh bakteri dan jamur pada busa tersebut.
    Jangan gunakan jari atau telapak tangan untuk mencicipi makanan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dahulu karena makanan dapat terkontaminasi lewat ludah kita yang menempel di sendok. Jika ingin lebih aman, gunakan dua sendok, satu untuk mengambil makanan dari panci/wajan, satu untuk mencicip makanan.
    Agar makanan tahan lama, kita dapat memasukkan makanan ke kulkas. Saat hendak dimakan, makanan dapat dihangatkan. Pada suhu dingin, bakteri dan jamur tidak dapat berkembang dengan baik.
    Jika kita memasak nasi, pada saat memasak menggunakan rice cooker, setelah beras menjadi nasi maka cabut listiknya lalu aduk-aduk nasi biar tidak memadat. Hilangkan uap nasi, kemudian tutup kembali. Hal ini berfungsi agar uap air tidak jatuh ke nasi. Beberapa waktu kemudian kita dapat menyalakan kembali listrinya.
    Jika kita membeli bahan makanan daging, segera cuci bersih bahan makanan sebelum dimasukkan freezer, kemudian tiriskan, dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup (dapat menggunakan plastik wrapping). Daging, ayam, atau ikan yg sudah dicuci bersih dapat dilumuri dengan garam dan merica agar lebih awet.

Demikian tipsnya dalam memasak makanan yang benar agar tidak mudah basi semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang jasa catering jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar