Sisipkan Momen Liburan Dengan Sisi Edukasi di Dalamnya

Liburan bukan hanya menjadi acara untuk bersenang-senang  tapi juga bisa menjadi sarana sebagai alat untuk edukasi untuk anak pada moment liburan namun sambil bersenang senang dalam sajian bermain namun tetap ada sisi edukasinya, lalu bagai mana caranya merencanakan liburan namun tetap ada sisi edukasinya untuk anak?, berikut tipsnya:

1. Rencanakan dari Jauh-jauh Hari
Sebelum memesan transportasi dan penginapan, pikirkan dulu pengalaman yang ingin Anda dapatkan dari liburan kali ini. Pertimbangkan juga apa yang sekiranya disukai semua anggota keluarga dan kegiatan apa yang bisa dinikmati keluarga selama liburan di sana. Lakukan sedikit riset; minta rekomendasi pada teman, temui agen-agen travel atau cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat liburan lewat internet untuk membantu membuat keputusan. Setelah keputusan dibuat, Anda bisa mencari tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal dan fasilitas menarik yang menawarkan kesempatan untuk edukasi selama berada di sana.

2. Buat Jadwal Kegiatan
Begitu tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan, buatlah rencana perjalanan dengan mereservasi aktivitas dan kegiatan tertentu selama Anda di tempat liburan. Lalu tuliskan jadwal kegiatan Anda dan usahakan tetap mengacu pada jadwal tersebut. Dengan begitu, program liburan dan edukasi bisa berjalan bersamaan dengan lancar.

3. Mulailah Edukasi Sejak dalam Perjalanan
Anda tidak perlu menunggu sampai di tempat tujuan liburan untuk memberikan edukasi. Dalam perjalanan, Anda bisa mendiskusikan tentang metode transportasi yang digunakan kepada sang anak atau kondisi geografis tempat liburan yang dituju. Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut melakukan riset dan merencanakan kegiatan liburan.

4. Minta Penjelasan
Setelah sampai di tempat tujuan, temuilah pemandu wisata --jika Anda menyewa jasa agen travel-- atau ajukan beberapa pertanyaan mengenai tempat yang akan Anda tinggali. Mereka bisa memberitahu informasi tentang aktivitas terbaik untuk edukasi anak, dimana Anda dan keluarga bisa berpartisipasi di dalamnya. Kumpulkan leaflet atau brosur tentang atraksi yang berbeda-beda, perlihatkan pada anak-anak dan biarkan mereka memutuskan ingin datang ke mana.

5. Kegiatan
Pastikan kegiatan yang diikuti menyenangkan sekaligus bisa mengedukasi anak. Misalnya kegiatan rutin museum setempat, pertunjukan di kebun binatang, suaka margasatwa, atau mungkin tempat observatorium. Mintalah bantuan tour guide untuk menjelaskan berbagai hal yang ingin Anda atau sang anak ketahui.

Demikian tipsnya dalam merencanakan liburan yang ada edukasinya untuk anak semoga bermanfaat tenukan info menarik tentang Penginapan Murah

0 komentar:

Poskan Komentar