Software Arsitek Untuk Rumah Sendiri



Jasa Arsitek - Walaupun bukan lulusan Teknik Arsitektur, Anda bisa, kok, mendesain rumah sendiri. Banyak program home jasa arsitek gratis di internet. Salah satunya yg ditawarkan Sweet Home 3D.

Meski masih sederhana, program jasa arsitek ini dapat dikatakan lumayan untuk mendesain rumah idaman. Dan yg penting, program ini dibuat sangat sederhana hingga mudah dalam pengoperasiannya. Bidang gambar berupa skala juga memudahkan kita membuat pengaturan ruang.

Seperti layaknya program profesional, di program ini juga tersedia layar 3 dimensi (3D). Bahkan lewat channel 3D View – Virtual Visit, Anda bisa meletakkan kamera di mana saja. Sehingga Anda bisa melihat detail tata ruang dan desain interior dalam komposisi 3D.

Kamar Model L

Untuk memulai “proyek” ini, Anda harus menuju dulu ke situs penyedia program gratis di alamat, http://www.sweethome3d.eu/download.jsp. Setelah selesai, secara otomatis program ini akan ter-install di komputer Anda. Nah, setelah program tertanam, proyek mendesain rumah siap dijalankan.

Pertama, Anda bisa memulai dgn “membangun” tembok terlebih dulu. Caranya klik saja, Plan-Create Wall. Nah, Anda tinggal membuat tembok sesuai keinginan. Untuk mengakhiri, silakan doble klik. Tembok yg dibuat bisa langsung Anda cat. Caranya, doble klik saja tembok yg akan diwarnai. Nanti akan muncul windows baru, berisi pilihan warna. Anda pun diberi keleluasaan memilih warna berbeda di setiap sisinya.

Anda pun bisa membuat pengorganisasian kamar. Tak sekadar membuat kamar empat persegi panjang, di channel ini, Anda juga bisa membuat kamar dgn model L. Kamar model L ini biasanya untuk kamar tidur utama dgn kamar mandi atau ruang kerja di dalam.

Anda bisa membuat garis dimensi atau garis ukur yg biasanya ada pada gambar denah rumah agar pembaca dapat melihat berapa ukuran panjang dan lebar suatu ruangan. Garis dimensi ini akan terisi ukuran secara otomatis, sesuai panjang atau lebar ruangan. Saygnya, untuk ukuran ini, satuannya tetap inci, tidak ada opsi untuk mengubahnya ke sentimeter. Namun, Anda bisa membubuhkan teks di tiap-tiap ruang.

Pilih Perabot Sendiri

Kini, giliran Anda memasang pintu, jendela dan mengisi perabotan di setiap ruang. Semua template sudah disediakan. Untuk memilih pintu dan jendela, Anda bisa mengklik “folder ” Doors & Windows di sisi kiri. Ada 14 model pintu dan jendela yg bisa Anda pilih sesuai selera. Bahkan pintu garasi dan small window yg fungsinya sebagai sirkulasi udara juga tersedia.

Segala perabotan rumah juga sudah disiapkan. Di folder Bed Room ada doble bed, single bed , tempat tidur susun, nakas, meja rias dan sebagainya. Anda bisa menempatkan sesuka Anda. Sesuaikanlah dgn tma ruangan. Asal tahu saja, hampir semua kebutuhan kamar mandi juga tersedia di sini.

Dgn program ini, mendesain interior dapur atau ruang keluarga juga bukan sesuatu yg susah. Anda tinggal meng-drag gambar ke lembaran kerja Anda. Lalu atur posisi, sesuaikan besarnya dgn ruangan.

Jadi, jika Anda ingin membangun rumah tapi tak punya dana untuk membayar jasa arsitek, kenapa tidak melakukannya sendiri? Tak sabar untuk mencoba?

Sumber: www.tabloidnova.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Arsitek

0 komentar:

Poskan Komentar