Cara Mengawetkan Adonan Bakso Dengan Cara Alami



Mesin Bakso -  Bakso memang merupakan makanan yang paling favorit dan di sukai oleh semua kalangan, bakso sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti bakso daging sapi, bakso urat sapi, bakso ikan dan bakso udang. Kelezatan bakso memang sudah tak di ragukan lagi,rasanya yang enak, gurih dengan semburan kuah pedas merupakan salah satu jaminan bahwa anda tak akan bisa menolak kelezatan camilan yang satu ini. Sayangnya meskipun makanan ini terkenal enak, makanan ini sendiri mempunyai kelemahan yang tak terbantahkan lagi. Sudah bukan rahasia lagi jika yang namanya daging bakso sangat sensifit sekali dengan yang namanya kondisi dan udara di karenakan memang bahan utama untuk membuat bakso ini terbuat dari daging sapi segar, dan daging sapi ini lah yang menjadi alasan mengapa sebuah pentol bakso tak akan bisa bertahan lama apabila sudah di olah.




Meskipun begitu masih ada beberapa cara yang bisa anda tempuh agar olahan bakso anda menjadi lebih tahan lama dan enak di sajikan. Anda bisa menempuh jalur cepat dengan mengolah bahan bakso buatan anda dengan menggunakan zat pengawet alami / buatan kedalam mesin bakso pada saat anda mengolahnya, sayangnya dengan menambahkan seperti ini kedalam adonana anda itu berarti anda menambah masalah pada kesehatan tubuh anda dan orang lain. Dengan menambahkan bahan pengawet kedalam makanan juga menjadi masalah, mengingat bahan pengawet akan berakibat tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus, meskipun yang kita gunakan adalah jenis pengawet khusus makanan dan dengan ukuran yang sesuai aturan sekalipun.

Oke berikut ini ada sedikit tips bagaimana cara membuat adonan bakso tahan lama tanpa bahan pengawet :

  • ·         Penyimpanan bakso dalam lemari es (chiller), Caranya adalah dengan menaruh bakso ke dalam wadah tertutup atau kantong plastik, dengan demikian bakso bisa tahan hinggai 5 hari.
  • ·         Penyimpanan bakso dalam freezer, caranya taruh dalam kotak plastik atau kantong plastik tebal dan tutup yang rapat. Lebih baik lagi jika bakso ditaruh dalam wadah kedap udara, maka bakso bisa awet hingga kurang lebih 1 bulan.
  • ·         Jika kita ingin mengolahnya kembali, tinggal kita cuci aja bakso dengan air hangat, baru dimasak sesuai selera.

Nah sangat sederhana bukan? Tak usah bahan pengawet jika cara alami saja sudah bisa membuat anda jauh lebih hemat dan aman.


Artikel terkait - Mesin Bakso

0 komentar:

Poskan Komentar