Tips Pilih Sikat Gigi



Dokter Gigi Jakarta - Memilih sikat gigi terkadang seringkali di anggap masalah sepele, padahal dengan memilih sikat gigi yang tepat untuk gigi sangatlah penting untuk kesehatan gigi kita.

Saat ini banyak sekali jenis sikat gigi yang beredar, dari yang halus bulunya sampai kasar, bentuknya kecil sampai besar, dan berbagai desain pegangan. Umumnya dokter gigi menyarankan untuk memilih sikat yang lembut karena sikat keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi.



http://3.bp.blogspot.com/-o388CLOvjcA/T-ZlTUgkEnI/AAAAAAAAAQY/A3b1EZVeiXk/s320/sikat+gigi.jpg


Dengan menyikat gigi secara teratur, kebersihan gigi dan mulut pun akan terjaga, selain menghindari terbentuknya lubang-lubang gigi dan penyakit gigi dan gusi. Agar tidak salah pilih sikat gigi, yuk, simak tips memilih sikat gigi yang tepat untuk Anda.


- Gunakan sikat gigi yang bagian kepalanya cukup kecil sehingga bisa digunakan dengan baik dalam rongga mulut. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi 2,5 cm, sedangkan pada anak 1,5 cm.

- Pilihlah bulu sikat gigi yang memiliki panjang yang sama. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.

- Perhatikan Tekstur bulu sikat, Pilihlah sikat gigi yang lembut bulunya. Bulu sikat yang keras bisa merusak jaringan. Yang terlalu lunak pun dikhawatirkan tidak dapat membersihkan plak dengan sempurna. Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium.

- Pilihlah sikat gigi dengan gagang sikat yang mudah dipegang kuat dan bisa dikontrol dengan baik, agar bisa menjangkau ke sluruh bagian dalam gigi.

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk kita semua(wk)

Info: Klinik Gigi Jakarta


0 komentar:

Poskan Komentar