Beragam Kredit Kendaraan Yang Tak Membebani

Membeli mobil secara kredit, sekilas terlihat mudah. Cuanep memiliki uang muka serta gaji atau penghasilan tetap, kita pun bisa membawa mobil idaman ke rumah. Sesederhana itukah?

Satu hal yang wajib Anda siapkan adalah uang muka. Meskipun bank atau lembaga pembiayaan mensyaratkan uang muka minimal 20 persen dari harga mobil, usahakan sebisa mungkin lebih dari itu.Pasalnya semakin besar uang muka yang Anda setorkan maka semakin kecil besaran cicilan yang harus Anda bayar saban bulannya. Itu pun dengan catatan, tenor atau jangka waktu kredit juga lama.


Ada dua lembaga yang biasa menyediakan sumber pembiayaan dan bekerjasama dengan dealer penjualan mobil, yaitu bank dan leasing. Masing-masing memiliki kelebihan dan keanerangan bagi calon pembeli mobil secara kredit.Antisipasi kondisi terburuk di tengah jangka waktu kredit, Mengapa perlu dana cadangan yang ditempatkan di instrumen investasi? Karena dengan menempatkan di instrumen itu maka Anda juga akan mendapatkan bunga yang bisa Anda manfaatkan untuk mengganti bunga kredit mobil yang harus Anda bayar. "Karena itu cari instrumen yang memberi bunga lebih tinggi dari bunga kredit mobil," tandas Bayu.

Antisipasi lainnya, usahakan mengasuransikan mobil Anda dengan sifat all risk. Memang sekilas ada tambahan biaya baru. Tetapi bila dicermati ini akan jauh lebih menguntungkan ketimbang tidak ada asuransi terbaik .Sebab bila ada masalah - misalnya tertabrak, menyerempet, dicuri, atau rusak karena ada kerusuhan - biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih mahal. Soal sumber biaya, lagi-lagi, menempatkan sebagian dana Anda ke instrumen investasi.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar