Asal Muasal Pesta Topeng Di Dunia

Ada tradisi aneh dari kelompok borjuis yang dikenal dengan Pesta Topeng. Tradisi Pesta Topeng termasuk dari sekian banyak tradisi kelompok borjuis dari Eropa yang dijalankan secara turun-temurun. Pada awalnya, Pesta Topeng hanya diselenggarakan dan diikuti oleh para bangsawan atau kelompok masyarakat kelas atas yang berada di wilayah Florence.

Beberapa sumber mengatakan jika Masquerade Party Ball banyak berkembang di wilayah Venice. Nama Pesta Topeng itu sendiri baru dikenal setelah memasuki abad ke-16, atau ketika periode awal dimulainya masa Renaissance. Dari sekian banyak tradisi pesta kaum bangsawan di Eropa, Pesta Topeng termasuk tradisi yang hingga saat ini masih ada yang melestarikan, bahkan sudah banyak mengalami perkembangan.

Nilai-nilai tradisi yang terdapat dalam Pesta Topeng sesungguhnya tidak hanya sekedar bagian dari gaya hidup kaum Borjuis di Eropa. Pesta Topeng merupakan salah satu simbol dari seni gaya klasik yang masanya berakhir ketika dimulai abad Renaissance. Pesta Topeng atau Masquerade Party Ball diselenggarakan pada setiap bulan Pebruari. Tamu yang hadir umumnya adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai anggota komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut. Namanya juga Pesta Topeng, siapapun tamu yang hadir harus mengenakan topeng. Di acara tersebut, mereka akan berdansa dengan siapapun tamu yang hadir di acara tersebut. Sisi misterius adalah yang menjadi daya tarik utama Masquerade Party Ball. Seperti yang dikisahkan dalam roman Romeo and Juliete, terkadang mereka tidak tahu jika sedang berdansa dengan musuh bebuyutannya sendiri.

Tidak selamanya sesuatu yang misterius selalu dihindarkan oleh manusia. Masquarade Ball menggambarkan betapa indahnya kemisteriusan yang terkadang mampu membangkitkan gairah keingintahuan. Jika Anda menggunakan kemampuan untuk membaca karakter dari air muka atau wajah seseorang, maka itu tidak berlaku di Masquarade Party Ball. Untuk membahasakan sesuatu, Anda harus pandai memainkan gaya dan sikap, bahkan topeng yang Anda kenakan sendiri. Di sini Anda tidak diharuskan untuk menurunkan topeng, kecuali Anda menginginkan atau menarik perhatian seseorang (tamu).

Tradisi yang menarik bukan???

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar