Permasalahan Modal Usaha

Berwiraswasta terkadang menjadi momok bagi sebagian orang karena bingung memilih bisnis apa yang cocok dan berprospek ke depannya. Terlebih lagi masalah modal dan kemampuan keterampilan mesin percetakan masih sering menjadi kendala. Namun jika jeli, maraknya kebutuhan perusahaan mesin cetak untuk produk promo mesin digital yang dikemas dalam beberapa media seperti cangkir, kaos, pin dan lain-lain, mungkin bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis percetakan digital.

Adalah Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) yang menyediakan pelatihan berbisnis usaha
cetak digital dari penjual plotter mulai dari cetak pin, kaos, mug, ID Card, piring, keramik, kain, tas dan lain-lain. Calon wirausahawan plotter outdoor akan dibekali beberapa keterampilan seperti komputer desain grafis, operasional mesin cetak digital, penggunaan beberapa media cetak plotter indoor dan lain-lain.

Menurut seorang Tutor LPTTI Yanwar Katamsi mengatakan bahwa prospek bisnis
mesin percetakan digital untuk media khusus promo ke depannya masih cukup menggiurkan. Pelatihan ini kata dia, sebagai investasi awal bagi wirausahawan baru yang akan memulai usaha mesin cetak dengan modal dan operasional usaha mesin digital yang relatif mudah.

Yanwar mengatakan bisnis
percetakan digital bisa dijalani sebagai bisnis sambilan khususnya bagi orang yang masih bekerja atau belum bekerja tanpa harus bersusah-susah membuka gerai khusus cetak digital. Namun kata dia bisnis ini sangat tergantung dengan kemampuan menembus pasar penjual plotter dengan menawarkan jasa cetak digital kebeberapa perusahaan atau instansi yang memerlukan media cetak plotter outdoor.

Selain itu, bisnis cetak digital
plotter indoor bisa dilakukan dengan membuka gerai khusus seperti di areal kampus, pusat-pusat perbelanjaan dan lain-lain. Dikatakannya pasar dari segmen ini lebih pada anak-anak muda misalnya untuk produk kaos, namun khusus untuk produk pin cukup kenceng pada saat kampanye, acara-acara khusus promo. Bahkan untuk produk mug (media cetak keramik seperti cangkir) cukup laris dipesan oleh-oleh perusahaan maupun instansi khusus seperti rumah sakit dan lain-lain.

http://www.detikfinance.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

0 komentar:

Poskan Komentar