Kiat Anak Gemar Membaca

Menilik begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buku, sangat disarankan bila orangtua mulai memperkenalkan buku kepada anak sedini mungkin. Selain mengenalkan anak pada fisik buku, kegiatan mendongeng juga dinilai mampu memacu anak gemar membaca.

Agar anak mengerti bagaimana cara memperlakukan dan menggunakan buku, ajak si kecil duduk di pangkuan Anda lalu ajak ia melihat-lihat buku dengan sedikit teks tapi sarat gambar. "Tunjukkan bagaimana cara Anda
membaca, gunakan telunjuk untuk menunjuk barisan kalimat yang dibaca dan meneruskan ke halaman berikutnya," saran Kathleen Martin, Ph.D, profesor pendidikan dari Universitas Alabama, Birmingham, AS. Ini bisa memberikan ajakan belajar membaca kepada anak.


Selain itu, lewat suara yang Anda tuturkan saat membacakan cerita dalam buku, anak akan terbiasa dengan perbedaan intonasi suara. Ini merupakan suatu
metode belajar buat anak. Secara tidak langsung, kita pun membantu menambah perbendaharaan kata anak. Penelitian juga menunjukkan, anak yang terbiasa mendengarkan dongeng akan lebih cepat membaca.


Untuk anak usia di bawah dua tahun, pilihlah
metode belajar membaca dengan cerita sederhana mengenai sesuatu yang ada di rumah dan dikenalnya. Misalnya mengenai kucing atau topi. Di usia ini yang terpenting adalah mengenalkan ia pada buku, karena itu jangan putus asa bila si kecil lebih suka menyobek atau bahkan memasukkan buku ke mulutnya. Agar buku tidak rusak karena disobek anak, pilihlah buku yang terbuat dari kain.


Makin besar usia anak, Anda bisa mengajaknya membaca bersama-sama. Agar anak bisa menghayati cerita, biarkan ia ikut berinteraksi, baik lewat komentar atau memberi kesempatan pada anak untuk menirukan tokoh dalam cerita. "Yang penting adalah menunjukkan kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan," kata Martin.


kompas.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

0 komentar:

Poskan Komentar