Bunga Lili Putih



Khasiatnya mengatasi batuk


bunga lili
dikenal dengan bentuk khasnya yang cantik. Bunga lili berbentuk corong dan biasanya berwarna putih, tp dengan adanya perkembangan teknologi maka sudah banyah dilakukan mutasi gen, sehingga bunga putih lily bias menampilkan warna yang lebih beragam. Karena keindahannya cth bunga putih, bunga calla lily lili lilium formosanum seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga lili putih potong.

Tumbuhan
bunga lili termasuk herba yang mempunya umbi lapis yang tingginya sekitar 0,5 sampai 1,3 meter. Lili adalah tumbuhan yang aslinya berasal dari tiongkok atau jepang. Biasanya tumbuhan bunga lili putih hidup dengan baik di daerah pegunungan.tak banyak yang paham bahwa dibalik keindahannya, bunga lily memiliki khasiat obat. Menurut prof hembing wijayakusuma dalam bukunya ensiklopedia tumbuhan berkhasiat obat i, sifat kimiawi dari bunga lili adalah dingin, manis, dan agak pahit. Efek farmakologis yang dikandung tumbuhan ini adalah sebagai obat batuk (antitusif) dan penenang (sedatif). Beberapa penyakit yang bisa diatasi bunga lili adalah batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat, dan lain-lain.

Jika mengalami batuk (tussis), 10 gram umbi
bunga lily, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan 5 gram umbi anggrek tanah, diaduk, lalu diminum selagi hangat. Jika batuk karena influenza, 10 gram umbi bunga lili ditambah 5 gram daun menthol kering dan 7 lembar daun sirih, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 ss, disaring, lalu diminum selagi hangat.

Untuk mengatasi batuk rejan (pertussis), 15 gram umbi bunga
lili putih dan gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminung selagi hangat. Jika mengalami radang saluran nafas (bronkhitis), 10 gram umbi bunga lili putih, 5 gram kulit jeruk mandarin kering dan 15 gram daun cempaka putih, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Dukung kampanye stop dreaming start action dan terapkan stop dreaming start action sekarang

http://intanniswah.wordpress.com/

0 komentar:

Poskan Komentar