Kemasan Industri Haruslah Berstandar Internasional

 Kemasan Industri Haruslah Berstandar Internasional


Kemasan Industri – Kebutuhan packaging di industry manufaktur tanah air bisa dibilang meningkat dari tahun ke tahun, pasar perdagangan bebas membuat banyak pengusaha yang bergerak di bidang barang jadi harus putar otak bagaimana membuat kemasan produk industry yang menarik agar dapat tetap bersaing dengan brang luar negeri kenamaan. Hal ini pun semakin menjadi tantangan sendiri bagi para pengusaha tanah air di karenakan kemenprin menyatakan bahwa kemasan industry haruslah memiliki standarnya sendiri.




Seperti di lansir dari website Kemenprin.go.id, Kemasan Industri dapat dibagi menjadi lima sektor yakni, kertas dan karton, plastik kaku, plastik fleksibel, kemasan logam, dan kemasan gelas atau kaca. Sebanyak 40 persen kemasan yang dipergunakan di Indonesia merupakan kemasan kertas dan karton, 34 persen kemasan plastik, 14 persen kemasan logam, dan 11 persen kemasan gelas.

Pemerintah sendiri terus mendorong perkembangan dan peningkatan daya saing khususnya industri kemasan, dengan memperkuat struktur industri hulu ke hilir, dan menurunkan tarif bea masuk bahan baku untuk yang belum bisa diproduksi dalam negeri. Nah bagi anda yang bermain di sektor industry manufaktur pabrikasi bisa dibilang tidak bisa sembarangan memilih kemasan yang di bawah standar terlebih lagi jika harganya murah.

Kemasan Industri yang masih menjadi primadona hingga saat ini masih di pegang oleh material Plastik dan Karton, kedua jenis kemasan tersebut bisa dibilang mempunyai harga produksi yang jauh lebih murah jika di bandingkan dengan metal ataupun gelas. Pemanfaatan kemasan plastic sendiri saat ini sudah merambah masuk ke beberapa bisnis UKM tanah air, selain harganya murah manfaat dan keuntungan yang di dapat juga cukup besar. Dewasa ini kemasan industry berbahan plastik mempunyai ragam jenis dan tipe yang banyak sekali, sebut saja beberapa jenis plastic yang sering beredar di pasaran seperti Plastik Vakum,Plastik Nylon,Plastik Foil,Hingga yang berbahan kertas pun ada. Untuk urusan keamanan dan standarisasinya sendiri sudah lolos uji lab, jadi di pastikan kemasan industry yang biasan di gunakan untuk keperluan rumahan di jamin aman.

Nah bagi anda yang sedang mencari kemasan industry untuk produk rumahan, ada baiknya mengecek terlebih dahulu apakah plastic yang anda beli sudah mendapatkan sertifikasi SNI dari instansi terkait. Karena jika tak sesuai standar di khawatirkan akan berdampak buruk bagi produk anda kedepannya.
Oke semoga berguna

0 komentar:

Poskan Komentar