Mengenal Teknologi Pameran Virtual Terbaru

Salah satu hal yang memberatkan dari suatu pameran adalah terletak pada penataan panel, yang biasanya bisa mencapai ratusan, atau bahkan ribuan panel. Untuk mengatur panel di dalam ruangan pameran yang cukup besar (paling tidak, setengah luas lapangan sepak bola), memerlukan waktu. Belum lagi memasang lembar-lembar pameran dengan teratur, agar tidak tertukar satu dengan yang lain. Sudah begitu, biasanya pameran pun hanya berlangsung beberapa hari,hal ini tentunya sangat membebani para kontraktor pameran

Oleh karenanya, kini muncul pameran bersifat virtual, yaitu memamerkan benda-benda koleksi melalui Internet.Banyak keuntungan yang diperoleh dari pameran virtual ini. Berbagai keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

· Pameran tidak memerlukan tempat, tidak memerlukan panel, dan tidak memerlukan panitia pameran (minimal untuk menjaga koleksi filateli yang seringkali bersifat langka dan mahal).

· Pameran dapat dikunjungi oleh tamu dari berbagai penjuru dunia, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sepanjang mereka punya akses ke Internet. Bahkan, pameran dapat berlangsung sampai akhir jaman, sepanjang Internet masih ada.

· Koleksi pameran dapat dilihat tanpa perlu ada risiko hilang atau rusak. Bahkan koleksi filateli masih bisa berada di tangan pemiliknya.

Meskipun demikian, ada juga beberapa kelemahannya, di antaranya:

· Pengunjung pameran tidak dapat melihat kondisi sesungguhnya benda-benda yang dipamerkan. Seringkali, koleksi pameran ditampilkan lebih kecil dari ukuran sebenarnya, semata-mata untuk menghemat kapasitas simpan di Internet dan kecepatan koneksi Internet.

· Mengurangi sosialisasi antarfilatelis, sehingga mereka hanya akan saling bersahabat dengan hantu. Hantu adalah makhluk yang tidak terlihat tetapi ada, karena memang benar-benar bisa berkomunikasi melalui dunia maya (SMS, chatting, e-mail, dsb).

· Nah, sudah ada contohnya seperti apa pameran filateli dapat diselenggarakan secara virtual. Kini, bisakah kita juga memiliki situs sejenis, agar para filatelis senior, filatelis remaja, dan filatelis anak-anak kita, juga dapat menunjukkan koleksinya ke masyarakat dunia?

Temukan info lebih lengkap seputa kontraktor pameran

0 komentar:

Posting Komentar