1. KETAHUI PESERTA BESERTA PROFILE PESERTA OUTBOUND
Apakah peserta anda anak Sekolah Dasar? pelajar atau mahasiswa? karyawan pabrik? organisasi atau klub? Berapa rentang usia peserta anda? Apakah jabatan atau posisi peserta yang akan mengikuti program outbound ini?
Mengetahui profile peserta ini sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya dalam memilih paket outbound yang tepat bagi anda, apalagi bila anda yang diberi amanah atau kepercayaan untuk mengatur acara tersebut ..bisa bisa, setelah acara outbound anda malah turun jabatan atau bahkan dipecat! hehehe
Mengapa profile peserta menjadi penting? karena latar belakang mempengaruhi watak dan perilaku peserta game outbound, dan hal ini tidak bisa diabaikan oleh penyedia jasa pelatihan outbound.
2. TENTUKAN TEMPAT
Sebelumnya, anda pun harus menentukan kira kira di mana lokasi outbound yang akan, apakah di alam bebas seperti di pegunungan, di tepi pantai, atau cukup di halaman yang luas seperti di kebun?
Sejatinya, lokasi outbound dilaksanakan di tempat yang memiliki akses ke alam terbuka atau minimal di lokasi yang memiliki area yang luas untuk beraktifitas bebas.
Pilihan tempat outbound wilayah Bogor sangat banyak dan menarik. Mungkin anda mengira anda sudah mengetahui semua wilayah Bogor dan seluk beluk tiap wilayah Bogor. Mungkin juga anda merasa sudah bosan melakukan aktifitas outbound games di wilayah Bogor dan sekitarnya, dan berfikir tempat outbound di Bogor hanya di tempat “itu-itu” saja, tapi sebenarnya mungkin anda belum tahu seluruh wilayah Bogor dan tempat tempat eksotik lainnya di Bogor karena kurang informasi.
3. RUMUSKAN TEMA OUTBOUND
Bila anda ingin pelatihan outbound ini sukses, maka anda harus mengetahui tujuan yang ingin diraih oleh tim anda dalam pelaksanaan outbound, penyedia jasa outbound training TIDAK MENGETAHUI apa yang ingin anda capai, andalah yang harus merumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam kelompok atau organisasi anda. Sehingga tepat juga menentukan outbound games saat pelatihan.
Namun demikian tersedia tema tema umum yang selalu menjadi isu hangat dalam organisasi atau kelompok, biasanya penyedia jasa outbound sudah memahami hal ini mulai dari A sampai Z , terkadang penyedia jasa outbound yang kreatif selalu menyisipkan isu atau hal baru ke dalam training yang mereka selenggarakan sehingga program outbound training ini terasa “baru” dan selalu menyenangkan ..
4. GUNAKAN JASA OPERATOR OUTBOUND TRAINING
Nah, penyedia jasa operator outbound ini sangat berperan dalam sebuah pelatihan. Boleh dikata, anda TIDAK MELAKUKAN OUTBOUND TRAINING bila anda hanya datang ke suatu tempat yang menyediakan fasilitas outbound seperti paint ball, flying fox, spider web dan lain-lain, namun anda tidak di dampingi atau dipandu oleh instruktur ahli yang memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang pengembangan sumber daya manusia.
Semua orang bisa menjadi instruktur outbound services, apalagi yang berlatar belakang pencinta alam. namun, itu saja tidak cukup. perlu ada ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang mendalam mengenai aspek organisasi dan manajemen, ekonomi, sekaligus psikologi dan hal ini tidak akan anda dapatkan bila anda hanya “membeli tiket masuk” lalu sekedar “bermain-main” di alam terbuka saja.
Temukan informasi lainnya mengenai Operator Outbound - Outbound Games - Game Outbound - Lokasi Outbound - Outbound Services - hanya di Operator Outbound Game: Outbound Games & Lokasi Outbound Services Samarinda pada 88db.com
0 komentar:
Posting Komentar