Tips Efektif Menyimpan Makanan Di Freezer Dan Chiller

Plastik Vakum – Sekilsa ketika kita harus menyimpan makanan di freezer merupakan pekerjan yang sangat mudah, terlebih lagi makanan yang di masukan bisa asal tumpuk dan tumpang tindih, tapi pada kenyataannya akibat isi freezer brantakan maka hal tersebut akan membuat rasa dan bau makanan menjadi campur-campur dan terasa kurang enak di santap. Padahal jika di rujuk dari fungsinya yakni makanan yang di letakan di dalam freezer haruslah bisa di konsumsi lagi di lain waktu. Namun biasanya makanan beku / frozen food malah bisa kehilangan keseagarannya akibat manajemen peletakan yang ngasal.


Ada sedikit trik yang bisa di lakukan dalam menyimpan aneka makanan segar di dalam freezer, karena seperti yang anda tahu yang namanya kompartemen freezer di dalam lemari pendingin / kulkas sangatlah terbatas. Oke pertama yang anda lakukan tentu saja Efisiensi Tempat!, masukan makanan yang mempunyai jenis dan tipe yang sama kedalam satu kantung plastik makanan, sebelumnya jangan memasukan kemasan yang mempunyai volume/bentuk lebar dan besar..sangat di anjurkan anda menggunakan makanan yang menggunakan plastik vakum sebagai kemasannya. Selalu masukan jumlah makanan ke dalam freezer dengan jumlah yang efektif, efektif disini di maksudkan anda hanya menyimpan makanan yang anda masak kedalam freezer, sedangkan yang tak anda gunakan bisa anda simpan di kompartemen lain di dalam kulkas.

Selesai memanajemen peletakan bahan makanan, selanjutnya anda harus menseting beberapa hal penting seperti suhu freezer yang selalu kurang dari 0 F atau sama seperti 18 drajat celcius. Gunakan wadah dengan material yang aman seperti tupperware atau plastik olahan. Jika anda ingin menggunakan alumunium foil, buatlah menjadi dua lapis heavy duty foil secukupnya, letakan daging, berry dan minuman di area belakang freezer atau bagian bawah..hal ini di maksudkan agar minuman anda tidak tumpah ketika anda membuka pintu freezer. Berkut jadwal waktu penyimpanan yang paling efektif untuk beberapa bahan makanan di freezer (gunakan kemasan Plastik Vakum untuk penyimpanannya)


  • ·         1 bulan: daging asap mentah
  • ·         2-3 bulan: masakan matang seperti casseroles, sup, semur, dan udang, serta dessert seperti es krim, pie, cake, dan muffin.
  • ·         4-6 bulan: iga sapi mentah, daging giling, ikan dan dada ayam matang, keju, roti tawar, serta roti manis.
  • ·         6-9 bulan: potongan daging ayam mentah, mentega, dan sayuran beku (tak boleh lebih dari 8 bulan)
  • ·         12 bulan: steak mentah, ayam atau kalkun utuh, dan cookies yang sudah dipanggang

0 komentar:

Poskan Komentar