Mesin Packing – Bisa dibilang
pada tahun 150-an hingga sekarang ini
merupakan eranya supermarket dan swalayan bermunculan di tanah air. Nah
yang jadi perhatian besar dari kemunculan pasar modern saat itu adalah peranan
kemasan produk makanan dan minuman yang tak pelak mengundang kekaguman pada
masanya. Karena pada zaman itu kemasan sendiri sudah di dapuk haruslah dapat
menjual / sebagai bahan marketing utama dari sebuah produk yang di pasarkan.
Kemasan sendiri bisa dibilang mengambil alih secara tak langsung tugas
penjualan pada saat terjadi transaksi.
teknologi telah membuat packaging
berubah peran, dulu orang bilang “Packaging protects what it sells
(Kemasan melindungi apa yang dijual).” Sekarang, “Packaging sells what it protects
(Kemasan menjual apa yang dilindungi).” Nah dari sepenggal kalimat tersebut
bisa dilihat bahwa yang namanya kemasan sendiri sudah tak lagi menjadi satu
media pelingdung atau wadah tetapi kemasan tersendiri harus bisa menjadi sebuah
bahan marketing yang menjual
Kemasan juga dapat berperan untuk
mengkomunikasikan sesuatu baik itu informasi dan penjelasan dalam gaya
bahasanya sendiri, sebut saja jika anda sedang berjalan ke luar negeri dan anda
melihat produk bertuliskan bahasa indonesia, sudah pasti anda bisa menebak
bahwa produk tersebut asli buatan indonesia bukan? Nah seperti itulah fungsi
lain dari sebuah kemasan, walaupun tidak ada pesan penting pada bagian depannya
tetapi kemasan bisa mengkomunikasikan suatu citra dan suatu penjelasan dari
produsen kepada konsumen. Tak sedikit pula yang menjadikan kemasan sebagai
sarana penghubung antara Produsen dan konsumen sebagai penjembatan komunikasi
secara langsung, contoh saja kemasan susu dan makanan bayi yang sering di
bubuhi no telp Toll-free untuk sekedar berkonsultasi dengan pihak produsen
mengenai produk yang di jual, tak hanya sekedar konsultasi tapi hal tersebu
bisa di jadikan ajang complain apabila produk tersebut tidak sesuai dengan yang
di harapkan.
Hingga kini semua produk kemasan
yang di jual di pasar swalayan atau supermarket sendiri harus benar-benar sudah
melewati tes uji kelaikan standarisasi nasional dengan baik. Dengan melihat
peran kemasan yang sangat penting, maka konsep peran pengemasan harus mencakup
seluruh proses pemasaran mulai dari pengemasan saat di Mesin Packing konsepsi
produk sampai ke pemakai akhir
Filed under:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar