Packaging Tak Sekedar Melindungi Tetapi Sebagai Alat Promosi



Mesin Packing – Bisa dibilang pada tahun 150-an hingga sekarang ini  merupakan eranya supermarket dan swalayan bermunculan di tanah air. Nah yang jadi perhatian besar dari kemunculan pasar modern saat itu adalah peranan kemasan produk makanan dan minuman yang tak pelak mengundang kekaguman pada masanya. Karena pada zaman itu kemasan sendiri sudah di dapuk haruslah dapat menjual / sebagai bahan marketing utama dari sebuah produk yang di pasarkan. Kemasan sendiri bisa dibilang mengambil alih secara tak langsung tugas penjualan pada saat terjadi transaksi.



teknologi telah membuat  packaging  berubah peran, dulu orang bilang “Packaging protects what it sells (Kemasan melindungi apa yang dijual).” Sekarang, “Packaging sells what it protects (Kemasan menjual apa yang dilindungi).” Nah dari sepenggal kalimat tersebut bisa dilihat bahwa yang namanya kemasan sendiri sudah tak lagi menjadi satu media pelingdung atau wadah tetapi kemasan tersendiri harus bisa menjadi sebuah bahan marketing yang menjual

Kemasan juga dapat berperan untuk mengkomunikasikan sesuatu baik itu informasi dan penjelasan dalam gaya bahasanya sendiri, sebut saja jika anda sedang berjalan ke luar negeri dan anda melihat produk bertuliskan bahasa indonesia, sudah pasti anda bisa menebak bahwa produk tersebut asli buatan indonesia bukan? Nah seperti itulah fungsi lain dari sebuah kemasan, walaupun tidak ada pesan penting pada bagian depannya tetapi kemasan bisa mengkomunikasikan suatu citra dan suatu penjelasan dari produsen kepada konsumen. Tak sedikit pula yang menjadikan kemasan sebagai sarana penghubung antara Produsen dan konsumen sebagai penjembatan komunikasi secara langsung, contoh saja kemasan susu dan makanan bayi yang sering di bubuhi no telp Toll-free untuk sekedar berkonsultasi dengan pihak produsen mengenai produk yang di jual, tak hanya sekedar konsultasi tapi hal tersebu bisa di jadikan ajang complain apabila produk tersebut tidak sesuai dengan yang di harapkan.

Hingga kini semua produk kemasan yang di jual di pasar swalayan atau supermarket sendiri harus benar-benar sudah melewati tes uji kelaikan standarisasi nasional dengan baik. Dengan melihat peran kemasan yang sangat penting, maka konsep peran pengemasan harus mencakup seluruh proses pemasaran mulai dari pengemasan saat di Mesin Packing konsepsi produk sampai ke pemakai akhir

0 komentar:

Poskan Komentar