Petunjuk Menyetir Mobil Bertransmisi Matic




Mengendarai mobil bertransmisi otomatis dan manual tentunya berbeda mobil bertransmisi otomatis tentunya kendali kecepatan ada pada pedal gas perbedaan mendasar dengan mobil manual, mulai dari bentuk fisik persneling, pengoperasian, hingga karakter laju mobil. Pada mobil matik hanya dua pedal, yakni gas dan rem. Keberadaan dua pedal sering membuat orang salah menginjak rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan.

Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Petunjuk posisi gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R seperti pada mobil manual, tongkat transmisi matik menunjukkan posisi P (park/parkir), R (reverse/mundur), N (neutral/netral), dan D (drive/jalan ke depan) secara berurutan. Pada beberapa mobil, kombinasi ini ditambah posisi D1 atau S dan D2 atau L (mobil bergerak, tetapi ditahan pada gigi 1 atau 2, dibutuhkan saat tanjakan terjal, turunan tajam, atau melintasi kondisi jalan licin).

Biasakan men-start mesin mobil dengan persneling pada posisi P dibarengi menginjak rem (pada beberapa mobil, mesin tak bisa di-start bila posisi persneling tak di P dan rem tak diinjak). Selalu injak rem saat memindah persneling, Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam mengendarai mobil bertransmisi matic, temukan informasi menarik tentang rental mobil medan

Temukan Artikel Terkait: Tips Menyetir Mobil Saat Cuaca Hujan

0 komentar:

Poskan Komentar