Teknik Menggambar Perspektif

Lingkungan ini adalah tiga dimensional sebagai sebuah benda yang memiliki panjang, lebar dan ketebalan atau volume. Benda itu berada pada ruang yang memiliki kedalaman. Kita sebagai wujud dilingkupi oleh ruang. Dalam beberapa hal menggambar sama dengan menulis. Menulis adalah kegiatan untuk mengungkapkan sesuatu secara verbal. Apabila kita duduk menggambar suatu benda di depan kita, sebenarnya kita mengungkapkan benda itu melalui desain gambar. Oleh karena itu diperlukan pemahaman dan keterampilan tentang cara mengungkapkan wujud tiga dimensi ke atas bidang datar.

Kegiatan menggambar membutuhkan beberapa keterampilan agar hasil gambarnya baik, yaitu keterampilan teknik meliputi ketrampilan membentuk pada bidang dua dimensional berdasar linear perspektif, mewarna berdasar areal perspektif dan mengungkapkan karakter benda yang digambar seperti keras, lunak, pejal, kasar, halus dan sebagainva. Sebelum dapat menggambar, terlebih dahulu ia harus dapat menguasai prinsip dan teknik perspektif. Sebab perspektif merupakan suatu cara dalam mentransformasikan wujud tiga dimensional ke atas permukaan bidang dua dimensional. Dalam transformasi berupa gambar itu terdapat ilusi ruang tiga dimensionalyang disebabkan karena penerapan teknik dan prinsip perspektif.

Dalam perspekfif, satu titik lenyap biasanya digunakan untuk menggambarkan penampakan dari arah depan obyek. Apabila dalam perspektif ada dua titik lenyap biasanya digunakan untuk menggambarkan dua sisi obyek, yaitu dari arah depan dan camping,sedangkan perspektif tiga titik lenyap untuk menggambarkan pandangan depan, samping dan khusus benda yang tinggi. Dalam ungkapan seni rupa agak berbeda dengan arsitektur yang menggambarkan perspektif harus tepat, untuk seni rupa perspektif hanyalah untuk membantu pemahaman tentang ilusi keruangan terutama untuk seni lukis naturalis dan realis.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar