Trend Pasang GPS Untuk Sepeda Motor

GPS adalah sebuah alat yang digunakan untuk keperluan navigasi dan mengetahui posisi di muka bumi secara presisi selama sinyal satelit dapat diterima dengan baik di perangkat GPS tersebut. Paling tidak dibutuhkan minimal 3 penerimaan sinyal satelit agar GPS dapat bekerja dengan akurat. Para biker dikenal lebih sering melakukan touring ke lokasi yang jarang dijejak oleh roda 4. Saat itulah GPS digunakan untuk mencari route perjalanan. Dari sisi estetika, memasang GPS di “dashboard” motor tampak lebih eye-catching ketimbang di dalam roda 4, oleh karena itu banyak sekali bengkel motor yang menawarkan pemasangan GPS untuk kendaraan roda 2 sekarang ini,dengan harga yang bervariasi.


Apa saja perangkat yang diperlukan agar kita dapat mulai bernavigasi di atas dua roda?

1. GPS Device (hardware)

GPS yang tepat digunakan untuk bikers adalah jenis automotive GPS. GPS jenis ini dapat menangkap sampai dengan 20 channel satelite dan sudah dilengkapi dengan peta jalan.

2. GPS Mounting

Sesuai namanya adalah alat yang digunakan untuk meletakkan GPS di tempat yang strategis di bagian “dashboard” motor. Saat ini belum banyak jenis GPS mounting yang dirancang untuk motor. Karena getaran di motor lebih keras, maka pilihlah mounting yang mampu menjepit erat GPS anda agar tidak mudah jatuh

3. GPS Charger (optional)

GPS memerlukan suplai listrik selama bekerja, jadi jika perjalanan anda jauh ada baiknya memasang perangkat pengisian tenaga yang berguna untuk mempertahankan baterai GPS yang hanya dapat bertahan kurang lebih 4 jam non stop.

1. GPS Software

Terdapat beberapa software yang biasa digunakan untuk bernavigasi darat, salah satunya yang populer adalah Garmin dan MapKing, beberapa yang lainnya seperti Sygic, Ndrive, atau i-Go.

2. GPS Map (software)

Di Indonesia, kita harus berterima kasih kepada owner www.navigasi.net yaitu Pak Buyung Akram yang telah bersusah payah membuatkan peta jalan di hampir seluruh kota di Indonesia.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar