Henna, Aksesoris Pernikahan Wajib Untuk Pengantin


Aksesoris pernikahan tidak hanya berbentuk anting, gelang, kalung sampai hiasan kepala, Anda pun dapat mengenakan henna untuk memperindah kulit tubuh Anda. Henna sudah menjadi alat kecantikan wanita dari beratus tahun lalu, jauh sebelum ditemukannya bedak, eye shadow dan alat pemercantik diri lainnya.

aksesoris pernikahan

Henna merupakan nama tumbuhan atau dalam bahasa Latinnya Lawsonia Inermis. Selain dijadikan tato kecantikan sejak beratus tahun yang lalu, henna juga dimanfaatkan sebagai obat dalam dunia medis. Tanaman henna banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Australia dan Afrika. Pohonnya memiliki tinggi dua sampai enam meter dengan batang serta daun yang lebat. Henna memiliki bunga berwarna putih dan buah-buahan kecil berwarna cokelat berbentuk kapsul. Anda dapat menemukan banyak biji-bijian dalam buah tersebut.

Di dunia fashion, henna dikenal sebagai tato yang menghiasi tubuh wanita. Tato henna lebih sederhana dan tidak sakit jika dibandingkan dangan tato lainnya. Tato henna biasanya diaplikasikan dengan kuas khusus atau langsung dari tube-nya,bahkan sekarang Anda dapat membeli cetakan tato henna sehingga dapat mempermudah menggambar mengggunakan henna.

aksesoris pernikahan

Di Arab, henna menjadi simbol keberuntungan, kesehatan dan sensualitas. Sering sekali kaum wanita di Arab, membuat pasta dari daun henna yang dikeringkan untuk menghiasi tangan dan bagian tubuh mereka, dan konon dipercaya dapat mengusir setan, menarik energi baik, serta menyuburkan. Hal inilah yang menyebabkan para pengantin di India dan Pakistan, masih menghiasi tangan dan tubuhnya dengan henna. Dengan dihiasnya tangan dan tubuh menggunakan henna juga dapat menyenangkan hati dan membuat sang mertua menerima calon menantunya.

Selain di India dan Pakistan, henna juga masih sering digunakan kaum perempuan di Afrika, Asia, bahkan Amerika. Di beberapa negara, henna dikenakan di hari pernikahan, baik itu untuk menghiasi kuku, lengan dan kaki para calon pengantin wanita. Selain untuk mempercantik penampilan, penggunaan henna juga diyakini dapar melindungi penggunanya dari berbagai gangguan.

Begitu pun dengan di Indonesia, di Kalimantan dan Sumatera, Anda dapat melihat tradisi melukis tubuh mengunakan henna di hari pernikahan masih berlanjut sampai sekarang. Tradisi menyebutkan, pemakaian henna ini untuk melukis ragawi mereka, sama seperti sebuah karunia, keberuntungan, kegembiraan, dan kecantikan. Kepercayaan itulah yang menjadikan henna sebagai aksesoris pernikahan yang masih digunakan sampai sekarang.

sumber:blog.my-weddingbelle.com/foto:berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar