mengenal cara kerja mesin bubut cnc

mesin bubut cnc – Mesin mahal yang satu ini bisa dibilang salah satu mesin berteknologi tinggi dengan seabrek kemampuan. Mesin CNC sendiri saat ini di golongkan ke dalam 2 jenis bagian penting dalam indsutri manufaktur. Adalah Mesin bubut CNC dan Mesin Milling CNC yang paling sering di gunakan untuk kebutuhan kerja sehari-hari, mesin mesin ini secara harfiah di operasikan oleh seorang operator tunggal yang bertugas memprogram cara kerja mesin CNC sebelum ia mulai beroperasi, nah selanjut mesin cnc akan bekerja sendiri sesuai perintah yang di berikan.



Secara umum mengoperasikan mesin bubut cnc itu tergolong mudah, anda cukup memberikannya perintah lalu seketika itu juga pekerjaan anda langsung terproses, tetapi faktanya pada proses penginputan data / perintah yang di berikan tak akan semudah yang anda pikirkan. Cara mengoperasikan mesin CNC biasanya di bagi atas 2 cara seperti :

  • ·         Sistem Incremental :  pada sistem ini titik awal penempatan di gunakan sebagai acuan, untuk mesin bubut ataupun miling CNC pun di berlakukan cara yang sama. Setiap gerakan pada proses pengerjaan benda kerja berakhir maka titik akhir dari gerakan alat potong itu di anggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap berikutnya
  • ·         Sistem Absolut : adalah sistem yang bertumpu pada titik awal penempatan alat potong yang di gunakan sebagai acuan sekaligus menetapkan titik refrensi yang berlaku selama proses sedang berlangsung. Untuk jenis mesin bubut cnc sendiri titik refrensinya akan di letakan pada sumbu benda kerja yang ada pada bagian paling ujung. Dan pada mesin milling CNC titik refrensinya ada pada antara dua sisi benda kerja yang akan di kerjakan.
mesin bubut cnc pada zaman sekarang ini juga semakin mudah pengoperasiannya, ini di karenakan telah di kembangkan suatu software program yang berkonsep pada CAD (Computer Aided Design). Seiring dengan perkembangan zaman pun teknologi kian berkembang, adalah software CAM yang mampu menampilkan program dengan metode gambar.  Software CAM sendiri umumnya di buat oleh pabrik yang membuat mesin CNC dengan tujuan untuk mengoptimalkan mesin bubut CNC itu sendiri. Dengan begitu kedepannya para operator pekerja hanya cukup menggambar sebuah bidang pekerjaan konstruksi mesin bubut CNC yang selanjutnya akan di eksekusi langsung oleh sang mesin. Jadi lebih simple bukan dari kelihatannya

0 komentar:

Poskan Komentar