Membaca Kode Multi Grade SAE Pada Pelumas Motor



Supplier Pelumas - Mengganti oli secara rutin merupakan perawatan wajib kendaraan baik itu mobil maupun motor. Nah Tuk semua merk oli tentunya mempunyai kode multi grade SAE yg berguna tuk memastikan apa yg terbaik tuk mesin kita, dalam artikel mencoba menerangkan cara yg tepat bagaimana membaca kode multi grade pada pelumas kendaraan roda dua.

Sebagai Contoh kita Pakai Shell Advance Ultra 4T yg paling tidak memiliki 2 jenis spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50. w disini artinya winter (musim dingin) 10W memiliki arti pelumas ini masih bisa digunakan di suhu dingin -20 s.d -25 deg C , sedangkan kode 15W memiliki arti pelumas tersebut bisa digunakan di suhu dingin -15 s.d -20 deg C. So tinggal tergantung kita gunakan motor di kondisi mana, kalau motor kita sering gunakan di dataran tinggi dieng ya butuh spek kode depan yg lebih kecil tentu, biar bisa bertahan di suhu paling dingin.

Gimana Tentang Kode yg mengikutinya? Masih dgn spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50 .. angka SAE 40 dan SAE 50 di belakang angka w merupakan Kode yg menunjukan tingkat Viskositas/ kekentalan Pelumas pada kondisi suhu tinggi. Makin besar Nilai SAE maka nilai Viskositasnya akan semakin besar dalam artian Pelumas akan semakin kental. Coba cek tabel di atas, berdasrkan pengukuran Internal Shell Viskositas Advance Ultra SAE10W- 40 pada suhu tinggi 100 C adalah 15,8 mm2/sec seadangkan Advance Ultra SAE15W-50 pada suhu tinggi 100 C adalah 19,1 mm2/sec.


lalu cara terbaik memilih oli adalah dgn menggunakan latar belakang jenis mesin motor kita. Setiap motor dibangun dgn celah celah antar komponen logam dalam mesin yg berbeda beda dan membutuhkan jenis Oli dgn spek kekentalan yg berbeda pula. Dan yg paling terpenting selalu perhatikan buku petunjuk dgn rekomendasi pabrikan, semoga Berguna

sumber: tmcblog.com



info Terkait:

Supplier Pelumas

0 komentar:

Posting Komentar