Bangun Kerjasama Bisnis Yang Solid



Membangun kerjasama bisnis akan sangat mempengaruhi masa depan bisnis anda. Jika anda mampu melakukan kerjasama bisnis dengan banyak relasi, bisa dipastikan bisnis anda akan lebih berkembang.


Tetapi jika anda hanya bisnis dengan sendiri saja, tanpa melakukan kerjasama bisnis dengan orang lain, maka profit nya pun tidak akan besar, berbeda jika anda pandai melakukan kerjasama, maka keuntungan bisnis anda akan melipat-lipat dengan cepat.


Berikut tips yang mungkin bisa berguna untuk anda dalam menjalin kerjasama bisnis :


1. Perjelas Fokus bisnis anda. Misalnya anda hanya bermain di bisnis keramik, maka ajak relasi anda kerjasama hanya pada keramik, jangan bersikap culas dengan menyisipkan bisnis-bisnis lain diluar focus anda, kemungkinan relasi anda tidak akan mau lagi diajak kerja sama


2. Pada saat pertama kali melakukan kerjasama bisnis, berikan double winning solution untuk relasi kerjasama bisnis anda. Jangan takut untuk tidak untung dalam menjalin melakukan kerjasama bisnis. Berikan saja doble profit untuk relasi bisnis anda, tapi ingat jangan sampai anda jadi rugi gara-gara kerja sama, double profit itu bukan berarti keuntungan dua kali lipat di berikan pada relasi anda, tetapi beri mereka dua point plus agar mau bekerjasama dengan kita. Ini penting, agar ada kerjasama bisnis yang kedua dan ketiga lebih mudah, tapi jangan berikan doble profit lagi. Disini anda baru bisa mulai bermain.


3. Jangan tertipu. Pada saat anda melaksanakan point no.2 sebenarnya anda harus sudah memperhatikan / memikirkan keuntungan lain yang beda sisi dengan keuntungan pada nomer 2.


4. Saling percaya. Saat anda melakukan kerjasama bisnis sebaiknya di dasarkan rasa kepercayaan terhadap rekan bisnis / teman kerjasama bisnis anda, karena jika tidak ada rasa saling percaya kemungkinan kerjasama bisnis akan sulit di wujudkan.


5. Menjalin hubungan baik. Melakukan tindakan – tindakan yang dapat menciptakan hubungan baik dengan rekan bisnis / teman kerjasama anda supaya point 4 dapat tercipta, misalnya dengan melakukan gathering, makan malam bersama, outing dan sebagainya


semoga tips diatas berguna untuk anda yang akan melakukan kerjasama bisnis.


nunugenius.net & erk

0 komentar:

Posting Komentar