Penggunaan GPS Garmin



Florida - penggunaan teknologi gps kini semakin meluas, tak hanya untuk perangkat gadget saja namun juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya digunakan sebagai perangkat pendukung untuk melindungi satwa langka seperti beruang.

"memakaikan kalung gps pada beruang sangat membantu kami. Para beruang seolah memberitahukan kami habitat mana saja yang perlu dilindungi," kata tricia martin dari the nature conservancy, seperti dikutip dari cnn, selasa (8/9/2009).

"hingga saat ini, ada 55 beruang hitam di wilayah konservasi yang dipakaikan kalung gps murah," tambahnya.

Para ilmuwan menebarkan donat dan jenis kue lainnya sebagai umpan untuk menjebak beruang. Setelah tertangkap, beruang kemudian ditenangkan untuk mempermudah pemasangan kalung gps murah.

Karena terhubung dengan teknologi ponsel, ilmuwan dapat dengan mudah memantau beruang. Karena setiap 15 menit sekali, gps garmin pada kalung beruang akan mengirimkan pesan yang memberitahukan keberadaan mereka.

Perangkat ini pun membantu melacak pergerakan beruang. Menurut kepala south-central florida bear project, dr john cox, beruang perlu bersosialisasi dengan populasi beruang lainnya dan berpindah-pindah tempat agar tubuhnya tetap sehat.

Namun pada saat mereka berpindah-pindah itu, mereka terancam diburu. Cox menyebutkan, meningkatnya populasi beruang hitam diikuti juga oleh banyaknya beruang yang hilang.

Itu sebabnya, kalung gps garmin membantu para konservator untuk melindungi beruang dari ancaman kepunahan. Sebab jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin keberadaan populasi beruang akan terus merosot. (rah)



Http://techno.okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar