Mengenal Sekilas Dunia Desain Grafis



Secara garis besar Design Collection, desain grafis dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1.Printing (Percetakan) yang memuat desainbuku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.

2.Web Desain: desain (design collection) untuk halaman web.

3.Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.

4.Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional (design collection) yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.

5.Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Dari klasifikasi di atas, maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
Untuk itu diperlukan program pengolah grafis sebagai berikut:

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program (design collection) ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan sejenisnya. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program (design collection) yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program (design collection) yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.

4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program (design collection) yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini.

5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program (design collection) yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.

slametriyanto.web.id

0 komentar:

Poskan Komentar