Tips Memotret Untuk Acara Pernikahan

Tips Memotret Untuk Acara Pernikahan

KALAU kita bicara inovasi dalam kamera digital, yang segera terpintas di dalam kepala kita adalah merek terkenal seperti Canon, Nikon, dan lainnya. Dan, inovasi dalam kamera digital memang kita berbicara tentang segala macam keunggulan, mulai dari piksel, kecepatan, keandalan, dan sebagainya. Apalagi semakin maraknya fotografi digital yang menjadi bagian dari kehidupan sekarang ini, khususnya untuk Foto Pernikahan Digital.

Persoalannya, perusahaan seperti Hewlett Packard juga ikut masuk ke dalam pasaran kamera digital, maka pertanyaannya lagi adalah kenapa perusahaan itu ingin masuk ke dalam pasaran ini. Perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi ini tampak serius dalam menggarap pasaran kamera digital dengan memperkenalkan berbagai seri, seperti HP Photosmart R707.

Setelah mencoba kamera HP Photosmart 945 (Kompas 24/5), kamera terbaru keluaran Hewlett Packard menunjukkan strategi agresif untuk menjadi pemasok utama kamera digital di dunia, bertanding dengan merek-merek lain yang sudah memiliki nama dalam dunia kamera digital.

Dengan harga yang sangat bersaing, HP Photosmart R707 secara agresif juga ingin memasukkan berbagai macam teknologi eksklusif Hewlett Packard, sesuai dengan dana riset dan pengembangan yang selama 18 bulan terakhir berjumlah lebih dari 1 miliar dollar AS. Tujuannya jelas, memperbaiki pemrosesan gambar (image processing) serta memudahkan penggunaan bagi para konsumen dalam hal Foto Digital.

Mencangkokkan teknologi
Banyak teknologi yang dicangkokkan HP dalam kamera Photosmart R707 ini. Kamera ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan "mata merah" (redeye) secara langsung pada kamera, memiliki teknologi Adaptive Lighting yang memperkenalkan lampu pijar digital (digital flash), serta kemampuan untuk melakukan pralihat (preview) format panorama pada kamera yang cocok digunakan untuk Foto Pernikahan.

Selain itu, kamera ini juga memperkenalkan kepada penggunanya apa yang disebut sebagai Image Advice, di mana kamera ini menganalisis foto-foto digital, seperti Foto Pernikahan Digital dan memberitahukan penggunanya cara untuk memperbaiki foto-foto tersebut. Kemampuan lainnya adalah kemampuan Instant Share yang memberikan tanda pada foto-foto yang ada di dalam kamera untuk mempermudah pencetakan atau dikirim melalui e-mail.

Salah satu kemampuan kamera ini yang tidak dimiliki oleh kamera lainnya adalah kemampuannya untuk mengembalikan (undelete) foto- foto yang sudah dibuang pada penyimpanan gambar berupa SD Card (juga bisa menggunakan MMC Card), misalkan anda memiliki Gambar Pernikahan yang sudah terbuang dalam proses pemilihan foto. Memang tidak semua foto yang ter-delete bisa diselematkan, tetapi setidaknya kemampuan ini menghilangkan frustrasi penggunanya karena ketika membuang foto tidak memeriksa sebelumnya.

Selain "mengobati" frustrasi akibat salah tekan tombol, bagi Kompas yang mencoba kemampuan Photosmart R707 ini masih menjadi pertanyaan manfaat sebenarnya fitur seperti ini. Karena, pada dasarnya, sebuah kamera sejenis R707 dimaksudkan untuk mengabadikan peristiwa atau momentum tertentu yang tidak bisa diulang kembali, seperti Foto Pernikahan. Sehingga, dengan kapasitas penyimpanan yang besar, fitur ini terasa kurang manfaatnya.

Kamera pintar
Salah satu fitur yang menarik bagi Kompas setelah mencoba Photosmart R707 ini adalah Adaptive Lighting yang sebenarnya pada kamera seri sebelumnya Photosmart 945 disebut sebagai Digital Flash. Kemampuan ini, yang digunakan dengan memilih dari Menu yang disediakan, dimaksudkan untuk memperjelas bidang-bidang gelap yang ada dalam obyek foto, biasanya banyak ditemukan dalam Foto Digital.

Di sisi lain, kemampuan ini juga dimaksudkan mengurangi bidang yang terlalu terang sehingga memberikan kesan noisy. Melalui Adaptive Lighting, secara cerdik kamera R707 ini mengatur perimbangan pencahayaan yang ditangkap, sehingga Gambar Pernikahan yang dihasilkan hampir mendekati sempurna.

Photosmart R707 dengan resolusi 5,1 megapiksel memang masih menjadi sebuah prototipe bagi Hewlett Packard untuk Paket Foto, karena kemampuannya memang cocok untuk membuat foto-foto digital dalam kualitas ukuran cetak kecil dan memang ditujukan bagi para pengguna awam dalam fotografi yang tidak mau berurusan dengan berbagai rincian teknis.

Terlepas dari persoalan ini, kamera digital R707 adalah sebuah kamera pintar sesuai dengan nama seri yang disandangnya, Photosmart. Berbagai fitur yang ada di dalam kamera ini menunjukkan kepintaran yang ada pada kamera digital ini dalam hal pembuatan Paket Foto. Kepintarannya ini pun ditunjukkan oleh Photosmart R707 untuk memberikan nasihat bagaimana memotret digital dengan baik seperti yang tersedia dalam Menu kamera ini. (rlp)

http://www2.kompas.com

Untuk info lebih lanjut, bisa dilihat di Foto Pernikahan, Gambar Pernikahan, Paket Foto, Foto Pernikahan Digital, Foto Digital dan Paket Foto Pernikahan Digital: Pernikahan Foto & Gambar Pernikahan Cipinang Jakarta Timur 88db.com

0 komentar:

Posting Komentar