Standar Pelayanan Hotel

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pangkalpinang, Akhmad Elvian, mengatakan, usaha jasa kepariwisataan di daerah itu termasuk hotel jogja dan restoran yogyakarta harus memiliki standar pelayanan hotel yogyakarta sebagai bagian dari upaya mengelola sektor kepariwisataan hotel jogjakarta secara profesional.

"Kepariwisataan di daerah ini harus dikelola secara profesional agar cepat maju, salah satunya dengan menetapkan standar pelayanan jasa kepariwisataan, terlebih di restoran yogya dan hotel jogjakarta" ujarnya di Pangkalpinang, Minggu (22/2) kemarin.

Ia menjelaskan, standar pelayanan restoran yogyakarta itu di antaranya pelayanan jasa transportasi, hotel yogya, dan kuliner restoran jogjakarta harus memiliki standar pelayanan yang jelas untuk menarik minat wisataan berkunjung ke daerah itu.

"Salah satu yang membuat para wisatawan enggan berkunjung ke daerah tujuan wisata adalah karena standar pelayanannya tidak jelas," katanya.

Ia menunjukkan contoh, pelayanan di sejumlah restoran jogja mesti memiliki standar baik masakan restoran jogja, harga restoran yogya, dan komunikasi yang baik yang ditunjukkan karyawan restoran jogjakarta, sehingga membuat wisatawan terkesan.

"Menu masakan yang disajikan hendaknya memiliki standar rasa atau tidak berubah-ubah,begitu juga dengan tarifnya pun harus jelas," katanya.

Demikian juga, katanya, dengan pelayanan hotel yogyakarta dan jasa transportasi hotel jogja harus memiliki standar pelayanan terutama mengenai waktu dan fasilitas yang diberikan hotel yogya kepada wisatawan.

"Sejumlah taksi yang mangkal di bandara hendaknya memasang argo karena ini bagian dari standar pelayanan. Demikian juga jasa travel wisata hendaknya tepat waktu dalam menjemput dan mengantar wisatawan ke sejumlah obyek wisata," katanya.

Menurut dia, standar pelayanan jasa kepariwisataan adalah bagian upaya menciptakan dunia kepariwisataan yang kondusif di daerah itu.

"Dunia kepariwisataan yang kondusif dapat meningkat jumlah kunjungan wisata ke daerah ini,sehingga program Babel Archi 2010 yaitu bertekad mendatangkan ribuan wisatawan per tahun berjalan sukses," katanya. (*)

http://www.bangkapos.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Hotel Jogja - Restoran Yogyakarta - Hotel Yogya - Hotel Jogjakarta - Restoran Jogja - Restoran Jogjakarta - Hotel Yogyakarta - Restoran Yogya dan Hotel Jogja & Hotel Yogya : Restoran Yogyakarta - Hotel Jogjakarta & Restoran Jogja di 88db.com

0 komentar:

Poskan Komentar