Fenomena Plastik Kresek Yang Membahayakan Bagi Tubuh

Plastik Vakum – Siapa orang yang tak pernah melihat kantong plastik hitam? Plastik yang satu ini memang selalu ada di dalam kehidupan kita sehari-hari, sifatnya yang fleksibel dan murah tentunya menjadi salah satu alasan mengapa mereka para penjual selalu menggunakan plastik ini sebagai media pembungkus dan kemasan. Jika dari sisi ekonomi maka plastik hitam merupakan salah satu plastik yang paling menguntungkan dan murah, namun tahukah anda bahwasannya plastik hitam ini menyimpan bahaya yang terkandung di dalamnya? Dan amankan di gunakan sebagai media pembungkus makanan? Sejak lama memang plastik hitam telah menjadi fenomena di bidang jual beli, tak hanya sampai di situ saja karena faktanya mereka para penjaja makanan keliling pun suka menggunakan plastik in isebagai media pembungkus primer terhadap makanan.



Padahal jika di perhatikan baik-baik ciri yang sudah melekat pada plastik kantong hitam ini adalah Mudah sobek, Berbau tak sedap, dan bila di terawang akan tidak merata lapisannya. Maka sudah bisa ditebak jika bahan utama plastik hitam ini adalah terbuat dari bahan daur ulang alias sampah sisa yang telah di olah dan di bentuk kembali. Memang kini semenjak ramai di beritakan efek buruh dari kantong plastik hitam / kresek, banyak para pelaku industri pasar kecil dan kebawah menggunakan media kemasan lain seperti plastik transparan yang telah teruji bahan dan kadar kandungannya langsung dari BPOM. Badan regulasi kesehatan pemerintah sendiri (BPOM) telah memperingatkan berkali-kali mengenai bahaya yang di timbulkan dari kantong plastik hitam / kresek apabila di gunakan langsung sebagai wadah dari makanan. Plastik jenis ini dapat mengakibatkan kanker hati, meracuni ginjal, saraf, kanker parudll.

BPOM selaku badan pemerintah yang mengatur tentang regulasi bahan-bahan kesehatan di indonesia sendiri sudah menghimbau kepada masyarakat apabila kedapatan membeli barang konsumsi yang menggunakan media kemasan plastik hitam bisa segera di hindari. BPOM sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwasanya kantong plastik hitam boleh saja dipakai untuk wadah makanan jika terlebih dahulu dilapisi dengan pembungkus atau plastik lain yang bening. Kantong plastik hitam juga aman jika dipakai membungkus dan mengemas bahan makanan seperti padi, pisang, salak, singkong, dan lainnya yang sifatnya tidak terkena langsung dengan plastik. Plastik bening yang bisa anda gunakan sebagai alternatif meliputi Plastik Vakum,plastik foil,ataupun plastik nylon

0 komentar:

Poskan Komentar