mengenal konsep cara kerja mesin bubut

cara kerja mesin bubut -  Siapa yang tak kenal dengan yang namanya mesin bubut, mesin berat yang satu ini memang memegang peranan penting dalam proses pengerjaan berbagai macam benda berat seperti perkakas rumah tangga, spare part kendaraan, dan beberapa mesin industri lainnya.  Proses pembubutan sendiri sebenarnya sangat sederhana yakni menggunakan pahat dengan satu mata potong yang berfungsi sebagai penyayat untuk memotong dan mebuang material lain dari permukaan benda kerja. Mata pahat itu sendiri bergerak secara linier mengikuti gerakan motor listrik.




Mesin bubut sendiri memang di desain untuk membentuk benda kerja yang memiliki dasar yang silindrik, contoh saja untuk pembuatan poros slindrik, lubang slindrik, poros kerucut slindrik dan membuat aneka macam uliran. Mesin bubut sendiri juga di gunakan untuk meratakan suatu benda kerja yang mempunyai kontur tak rata. Proses pemotongan sendiri di lakukan saat benda kerja melakukan gerak rotasi. Sedangkan gerak makan di lakukan saat benda kerja melakukan gerak translasi. Input dari proses mesin bubut yaitu menjadi penggerak dalam kerja mesin bubut merupakan menjadi tugas penting dari motor listrik.

Nah daya tersebut menjadi salah satu transmisi kerja yang di lanjutkan pada transmisi kerja 1 dan 2. Sehingga bisa dibilang transmisi kerja 1 akan mampu menggerakan spindle pada mesin lalu mencengkan keras bedan kerja. Sedangkan pada proses transmisi 2 akan di ubah menjadi gerakan translasi oleh poros pembayawa.  Selain cara kerja mesin bubut tadi, mesin bubut sendiri mapun menghasilkan geram dari proses pembubutan material metal / baja. Untuk lebih jelasnya anda bisa video rekaman cara kerja mesin bubut pada youtube dan google, hampir semua mesin bubut mempunyai cara kerja sama namun dengan spesifikasi yang berbeda-beda tiap serinya.

0 komentar:

Poskan Komentar