Sejarah Singkat Cabang Olahraga Futsal

Asal muasal olahraga futsal muncul pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay dan diperkenalkan oleh seorang pelatih sepak bola bernama Juan Carlos Ceriani. Awalnya, Ceriani hanya ingin memindahkan latihan ke dalam ruanan karena kecewa dengan kondisi lapangan yang licin setelah diguyur hujan. Ternyata, latihan di dalam ruangan sangat efektif. Dia lantar mencetuskan permainan sepak bola dalam ruangan denga lima lawan lima pemain. Hal ini ternyata mendapat sambutan positif bahkan digandrungi di hampir seluruh negeri di Amerika Selatan.

Futsal ternyata sangat efektif menumbuhkembangkan kemampuan pemain pemula dalam mengasah ketrampilan bermain bola di lapangan rumput. Dengan asumsi untuk meningkatkan keterampilan bermain sepak bola, futsal berkembang pesat di Brasil dan terus menyebar ke seluruh dunia. Bahkan menembus ke Eropa, Amerika Serikat, Afrika, Asia, dan Oseania.

Pada tahun 1965, kompetisi Internasional futsal digelar untuk kali pertama. Kejutan pun terjadi dengan sukses Paraguay menjadi juara Piala Amerika Selatan. Pada tahun berikutnya sampai 1979, Brasil mendominasi dan merengkuh enam trofi juara berturut-turut. Negara raksasa sepak bola dunia itu juga memenangi Piala Pan amerika Auntuk kali pertama pada tahun 1980 dan 1984.

Kejuaraan dunia futsal pertama diprakarsai oleh Federasi Futsal AS (FIFUSA) pada tahun 1982 di Sao Paolo, Brasil. Tuan rumah Brasi tampai sebagai juara. Event yang digelar tiga tahunan itu kemudian digelar untuk kali pertama di Eropa, yakni Spanyol pada tahun 1985. Brasil kembali menjadi juaa, tetapi dikandaskan Paraguay pada event berikutnya di Australia pada tahun 1988

Temukan info lebih lengkap dan menarik seputar olahraga futsal

0 komentar:

Poskan Komentar