Posisi Duduk Ketika Kita Bekerja Dengan Komputer

Pekerjaan menggunakan komputer/laptop juga mempunyai resiko kesehatan yang perlu diperhatikan. Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer dan penggunaan kursi kantor yang salah dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

• Gangguan pada bagian mata dan kepala

• Gangguan pada lengan dan tangan

• Gangguan pada leher, pundak dan punggung

Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher, pundak, punggung dan pinggang. Nyeri di bagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri di bagian paha dan betis.Ergonomi yang baik dan tepat sangatlah penting diterapkan ketika kita menggunakan komputer, untuk menghindari ketidaknyamanan dalam bekerja. Ini artinya bahwa perangkat dan tempat kerja haruslah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan, salah satunya kursi itu.

Ketika duduk di sebuah kursi, pastikan hal-hal berikut Anda perhatikan, yaitu :

• Paha anda dalam posisi horisontal dan punggung bagian bawah atau pinggang anda terdukung. Tanpa ini, punggung dan pinggang anda berpotensi mendapatkan gangguan.

• Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal.

• Telapak kaki anda harus dapat menumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard. Apabila tidak dapat maka kursi anda mungkin terlalu tinggi dan anda dapat manfaatkan penyangga kaki.

Kadang-kadang ubahlah posisi duduk anda selama bekerja karena duduk dalam posisi tetap dalam jangka lama akan mempercepat ketidaknyamanan.

Selamat mencoba.

Temukan lebih banyak informasi seputar kursi kantor yang nyaman

0 komentar:

Poskan Komentar