Pilihan Jaket yang Aman

Jaket merupakan salah satu riding gear yang wajib kita kenakan saat berkendara selain helm, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Semuanya harus dikenakan saat berkendara karena masing-masing memiliki fungsi memperbaiki kemampuan berkendara dan mengurangi resiko kecelakaan berkendara yang lebih parah.

Termasuk halnya saat kita memilih jaket yang aman saat berkendara, maka sebagai patokan utama adalah mampu memperbaiki kemampuan berkendara dan mengurangi resiko kecelakaan berkendara yang lebih parah. Dan belakangan ini banyak jaket club, tapi amankah jaket yang digunakan seperti itu?

Tips memilih jaket yang aman baik di toko biasa maupun di toko pakaian online adalah :

1. Desain,

menutupi seluruh anggota badan, mulai dari leher, tangan hingga pergelangan tangan, dan sampai pinggul. Tujuannya adalah seluruh anggota badan dapat terlindung saat terlibat dalam kecelakaan dan menjaga kondisi badan dari terpaan angin saat perjalanan. Apabila kondisi badan dapat dipertahankan selalu fit, maka proses berkendara akan berjalan dengan baik. Selain itu hindari jaket dengan banyak tali-temali. Hal ini untuk mencegah jaket tersangkut ke pengguna jalan yang lain.

2. Ukuran,

yang digunakan adalah yang sesuai ukuran badan atau fit, tidak “gombrong” atau terlalu sempit. Ukuran yang fit akan membantu kelincahan dan mengurangi hambatan angin.

3. Warna,

gunakan warna cerah, bila memungkinkan berikan warna fluorescent sehingga lebih terlihat saat dijalan terutama saat gelap. Jangan takut sama seperti pakaian wanita warnanya.

4. Bahan,

untuk berkendara pada siang hari, gunakan material jaket yang tidak terlalu tebal dan mempunyai ventilasi dibagian belakang sehingga penggunaan jaket menjadi lebih nyaman. Dan sebaliknya gunakan jaket yang lebih tebal dan hangat untuk perjalanan di malam hari.

5. Sistem pengikat,

gunakan model dengan risluiting dan tertutup lagi dengan kain menggunakan kancing. Hal ini untuk mencegah angin menyelusup masuk ke dalam dada. Untuk pengikat di pergelangan tangan gunakan dengan model kancing yang kuat atau berperekat (velcro), jangan menggunakan type “kolor” Hal ini bertujuan pada saat kita terjatuh, jaket tetap pada pergelangan tangan dan tidak bergeser hingga ke siku tangan, sehingga fungsi untuk melindungi tangan menjadi tidak ada, karena mudah tergeser tersebut.

6. Pelindung tambahan,

akan lebih baik lagi bila kita menggunakan jaket dengan pad perlindungan tambahan pada siku dan bahu, karena kedua bagian tersebut sangat rentan terhadap benturan.

Silahkan anda pilih jaket dengan tips tersebut untuk hidup aman yang lebih baik.

http://hidupaman.com

0 komentar:

Posting Komentar