Mengurangi & Mencegah Radiasi Alat Elektronik Rumah Tangga

Mari kita bicarakan pengetahuan mengenai pencegahan radiasi gelombang elektromagnet peralatan elektronik rumah tangga.

Kaum wanita kalau sering menggunakan selimut listrik, dapat memungkinkan periode haidnya menjadi tidak teratur, sedangkan ibu hamil kalau sering menggunakan kompor listrik dapat menambah angka kejangkitan anaknya mengidap kanker setelah lahir. Selama 10 tahun belakangan ini, laporan yang negatif mengenai gelombang elektromagnet merugikan kesehatan badan terus bermunculan. Barang barang lain seperti laser auto level, genset (apalagi di tempat jual genset) tentu memiliki dampak juga.

Peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan umum setiap hari seperti pesawat komputer, televisi, mesin cuci, lemari es bahkan pengering rambut, karena radiasi gelombang elektromagnetnya dianggap sebagai "pembunuh" nyata semakin menakutkan. Apakah gerangan peralatan rumah tangga itu terdapat radiasi gelombang elektromagnet dan berapa besar radiasinya ? Pakar mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari, di mana-mana terdapat radiasi gelombang elektromagnet. Umum harus pandai melindungi diri secara inisiatif, tapi jangan merasa terlalu tegang dan ketakutan.

Radio dapat mencek jarak pada tingkat yang aman dari sumber radiasi.

Pakar menyatakan, peralatan rumah tangga asalkan memakai sumber listrik pasti memancarkan radiasi gelombang elektromagnet, dari pesawat AC, televisi, komputer, mikrowave, alat pelembab udara, sampai peralatan kecil pengering rambut, telepun genggam, charger dan papan listrik, semuanya dapat memancarkan radiasi gelombang elektromagnet, tapi volume radiasinya peralatan itu berbeda (tentunya berbeda dengan barang-barang yang tidak memakai listrik seperti kebutuhan pakaian, sepatu lukis, maupun furniture).

Meski radiasi gelombang elektromagnet terdapat dimana-mana, tapi pakar menunjukkan, bukannya semua radiasi tersebut membahayakan manusia. Kalau besar kecilnya radiasi dapat dikontrol dalam lingkup yang ditetapkan, akan berperan positif dan bermanfaat, misalnya alat fisioterapi menggunakan tenaga panas radiasi gelombang elektromagnet untuk menghilangkan radang dan menyembuhkan penyakit, maka, masalah kuncinya yalah perlu mengontrol besar kecilnya radiasi gelombang elektromagnet dalam lingkup yang aman.

Para konsumen kalau ingin mengetahui besar kecilnya radiasi di lingkungan kehidupannya, dapat menggunakan alat deteksi, produk domestik harganya agak murah, tapi hasil data deteksinya kurang memuaskan, sedangkan produk impor yang fungsinya memadai, harganya kadang-kadang tidak terjangkau oleh warga biasa.

Pakar mengatakan, umum dapat menggunakan cara deteksi yang sederhana untuk mengetahui jarak pada tingkat yang aman dari sumber radiasi ketika menggunakan peralatan elektronik rumah tangga. Menggunakan pesawat radio AM, lalu difix ke saluran frekuensi yang tidak ada sinyal, dan mendekatkan pesawat radio ke televisi, lemari es, mikrowave, komputer dan peralatan elektronik lainnya, segera dapat menemukan storingnya semakin besar. Setelah ditarik mundur ke sesuatu jarak, storing itu pulih kembali ke volum semula, dengan demikian dapat mencek jarak pada tingkat yang aman dari sumber radiasi gelombang elektromagnet.

http://indonesian.cri.cn

0 komentar:

Posting Komentar