Memperbaiki Mobil Dalam Keadaan Darurat

Dalam melakukan perjalanan dengan mobil biasa maupun modifikasi mobil, ada saja hal yang bisa menyebabkan mobil kita menjadi bermasalah, terutama ketika kita dalam perjalanan jauh, bila dalam kota dan siang hari, bisa saja kita langsung ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya, atau kalau itu sewa mobil diserahkan saja ke pemilik usaha rental mobil. Namun bagaimana bila perjalanan dilakukan malam hari di saat bengkel sudah tutup dan mobil kita mengalami masalah.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips dalam memperbaiki keadaan darurat seperti di atas :

1. Memperbaiki kondisi kendaraan yang terlalu panas

Tindakan: Menepilah ke tempat yang aman, hentikan kendaraan dan nyalakan lampu darurat, kemudian matikan mesin. Jangan membuka tutup radiator pada saat mesin dan radiator masih panas, tunggu 15-30 menit, baru isi kembali radiator. Jika suhu normal, cek permukaan cairan, jika berkurang, mungkin terjadi kebocoran.

2. Memperbaiki radiator bocor

Tindakan: Bila mobil sedang melaju, segera hentikan kendaraan, bila dipastikan air radiator kering, tunggu mesin sampai dingin. Setelah itu tuangkan air radiator sambil mengamati bagian yang bocor. Setelah diketahui bagian yang bocor tambal dengan buah pisang. Caranya belah pisang jadi dua lalu parutkan ke bagian yang bocor. Tunggu 10 - 15 menit, baru kemudian isi radiator dengan air. Untuk berjaga-jaga bawalah campuran penambal radiator (radiator stopleak).

3. Memperbaiki long Tie - Rod bengkok

Tindakan: Untuk meluruskannya buka pin dan mur pengikat ujung tie-rod. Lepaskan lengan knuckle kemudi. Biasanya karena lama tak disentuh tie-rod sulit dicopot. Maka ketoklah dari bagian lengan knuckle dengan martil, hindari mengetoknya dari atas sehingga membuat ujung ulir baut melebar. Setelah dicopot lindas bagian tie-rod yang bengkok dengan bantuan roda kendaraan lain, lakukan beberapa kali hingga lurus. Usahakan posisi tie-rod melintang, bukan sejajar dengan ban.

4. Memperbaiki penghapus kaca yang tidak bekerja

Tindakah 1: Lap kaca dengan kain yang bersih lalu taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca. Kemudian gosoklah dengan tangan.

Tindakan 2: Atau biasa juga dengan menyiramkan soft drink (minuman yang mengandung soda) dari atas sepanjang kaca kemudian diseka dengan lap.

Tindakah 3 : Atau carilah pohon pisang, ambil pelepahnya, potong dan torehkan getah pelepah daun pisang ke seluruh permukaan kaca.

5. Memperbaiki kaca dalam yang berembun

Tindakan : Basahi kain lap hingga lembab. Lalu oleskan sabun colek, sampo atau bubuk detergen ke salah satu sisi kain lap. Usap merata ke seluruh permukaan kaca. Kemudian lap dengan kain yang lembab tadi.

6. Memperbaiki lampu padam karena sekring putus

Tindakan: segera parkirkan mobil di tempat yang aman. Lepas terminal lampu, ambil kabel sambung ke terminal negatif lampu yang terletak di sebelah kiri dari depan anda ke terminal negatif aki. Kabel satunya lagi tinggal pilih mau disambung dekat terminal atas atau jauh pada terminal kanan lalu langsung dihubungkan ke terminal plus aki.

http://perawatanmobil.com

0 komentar:

Posting Komentar